Wednesday, September 24, 2014

Timnas U-19 Diminta Tak Silau dengan Kehadiran Luis Suarez

Luis Suarez - IST
Seputar Timnas - Tim nasional (timnas) Indonesia U-19, akan berhadapan dengan Barcelona B dalam lanjutan Tur Spanyol, Rabu, 24 September 2014. Bertarung di Ciutat Esportiva Joan Gamper, tim lawan juga akan diperkuat oleh Luis Suarez.

Kehadiran Suarez tentu saja membuat uji coba terasa berbeda. Sebab, mantan pemain Liverpool itu sudah lama tidak tampil akibat tengah menjalani hukuman larangan bermain yang dijatuhkan FIFA. Suarez dihukum setelah menggigit pundak bek Italia, Giorgio Chiellini, pada Piala Dunia Brasil, 2014.

Meski demikian, Pelatih Garuda Jaya, Indra Sjafri, tidak terlalu menghiraukan gengsi uji coba melawan Barcelona B. Sebab, bagi pelatih berdarah Minang itu, laga tersebut hanya merupakan simulasi sebelum tampil di Piala Asia U-19, 2014.

Indra mengatakan, Evan Dimas dan kawan-kawan tak menyiapkan strategi khusus untuk menghadapi Barcelona. Sebaliknya, Garuda Jaya justru akan menerapkan formula permainan untuk menghadapi para rival di Piala Asia nanti.

"Kami selalu mensimulasikan bahwa kami tidak melawan Barcelona. Tapi, bagaimana kami nanti membayangkan tim lawan adalah Uzbekistan, Australia dan Uni Emirat Arab. Empat tim yang kami hadapi di Spanyol adalah untuk mensimulasikan hal itu," kata pelatih 51 tahun itu dalam rilis yang diterima wartawan.

Soal Luis Suarez, Indra kembali menegaskan senang dengan tampilnya pemain asal Uruguay tersebut. Baginya, kehadiran Suarez akan memberikan tekanan yang besar bagi timnya. 

"Supaya nanti para pemain bisa mengatasi kesulitan nyata yang akan dihadapi di lapangan," beber Indra.

Pertandingan lawan Barcelona B adalah laga ketiga yang dijalani Garuda Jaya dalam Tur Spanyol. Sebelumnya, Timnas U-19 takluk 1-2 dari Atletico Madrid B dan bermain imbang 1-1 dengan Valencia B. 

Setelah lawan Barcelona B, Timnas U-19 akan ditantang oleh Real Madrid C. Pertandingan tersebut akan digelar pada Kamis 25 September 2014, dan menjadi yang terakhir dalam rangkaian tur Timnas U-19 di Spanyol.[viva]