Wednesday, September 24, 2014

Tampil Lawan Timnas U-19, Suarez Buka Luka Lama

Luis Suarez - IST
Seputar Timnas - Luis Suarez dipastikan tampil bersama Barcelona B saat menghadapi Timnas Indonesia U-19 dalam laga uji coba di Ciutat Esportiva Joan Gamper, Rabu 24 September 2014. Kehadiran Suarez dalam laga tersebut seolah menguak luka lama yang pernah dibuatnya kepada Indonesia.

Indonesia memang sudah tidak asing dengan striker anyar El Barca berusia 27 tahun tersebut. Sayangnya, Suarez menjadi tokoh antagonis dalam kisah pertemuannya dengan skuad Merah Putih.

Pemain kelahiran 24 Januri 1987 itu pernah menginjakkan kakinya ke Tanah Air pada Oktober 2010 silam. Saat itu, Suarez main bersama timnas Uruguay dalam laga uji coba kontra timnas Indonesia senior di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 8 Oktober 2010.

Uji coba itu ditujukan sebagai bagian dari persiapan Indonesia mengikuti AFF Suzuki Cup yang digelar di Jakarta pada akhir 2010. Indonesia yang diasuh oleh Alfred Riedl, memainkan pemain-pemain andalan Indonesia.

Antara lain, Bambang Pamungkas, Muhammad Ridwan, Boaz Solossa, Tony Sucipto, dan kiper Markus Horison yang menjaga gawang Skuad Garuda. Sayangnya, kehebatan mereka seolah meredup kala menghadapi pemain kelas dunia yang dibawa oleh Oscar Washington Tabarez.

Seperti duet striker Luis Suarez dan Edinson Cavani, yang saat itu masih bermain untuk Ajax Amsterdam dan Napoli. Saat pertandingan berjalan, Boaz Solossa mengejutkan tim tamu dengan gol cepatnya kala laga baru berjalan 18 menit.

Akan tetapi, Uruguay langsung beraksi dengan menyarangkan 7 gol balasan ke gawang Indonesia. Uruguay pun menang dengan skor 7-1, di mana Suarez dan Cavani masing-masing mencetak hattrick dan 1 gol lainnya oleh Sebastian Eguren.

Pada 2011, Suarez pun hijrah ke Liverpool dan sukses menjadi mesin gol dari tim asal Premier League tersebut. Beruntung bagi Indonesia, Suarez tak ikut dalam rombongan The Reds yang menyambangi Indonesia pada 2013.

Suarez mendapat libur ekstra usai membela negaranya di pentas Piala Konfederasi yang dilangsungkan di Brasil. Akan tetapi, Indonesia XI pimpinan Jacksen F Tiago yang menjadi lawan Liverpool tetap kalah 0-2 lewat gol dari Philippe Coutinho dan Raheem Sterling.

Kini, Suarez kembali tampil menghadapi Garuda Jaya yang sedang menjalani tur Spanyol guna persiapan Piala Asia U-19 di Myanmar, bulan depan. Suarez yang dibeli oleh Barcelona pada awal musim ini memang tengah menjalani hukuman 4 bulan dari FIFA.

Itu menyusul aksi gigitannya kepada bek timnas Italia, Giorgio Chiellini, di babak penyisihan grup Piala Dunia 2014. Beruntung, hukumannya sudah diringankan CAS, Suarez pun boleh berlatih bersama rekan-rekannya dan bermain di laga tak resmi.

Demi menjaga kebugarannya, pelatih Luis Enrique pun menyertakan Suarez dalam skuad Barcelona B. Apakah Suarez akan kembali menjadi tokoh antagonis bagi Indonesia lewat gol-golnya? [viva]