Saturday, September 13, 2014

Rudolf Yanto Ingin Unjuk Gigi di Depan Indra Sjafri

Rudolf Yanto Basna - IST
Seputar Timnas -  Bek timnas Indonesia U-19B, Rudolf Yanto Basna, mendapatkan kesempatan emas ketika dipanggil Indra Sjafri untuk bergabung dengan Evan Dimas cs dalam pemusatan latihan (TC) di Spanyol. Yanto bertekad ingin memuaskan Indra jika nantinya diturunkan sebagai starter dalam laga uji coba di Spanyol.

Ditemui baru-baru ini di Lapangan Sutasoma 77, Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Yanto mengungkapkan kegembiraannya bisa dipanggil Indra ke Timnas U-19. 

"Saya senang coach Indra panggil saya lagi. Kesempatan ini tidak ingin saya sia-siakan," kata Yanto.

Indra memang sengaja memanggil Yanto untuk mengatasi krisis di lini belakang Timnas U-19. Saat ini, stok bek tengah Garuda Jaya tengah menipis setelah Ryuji Utomo dilanda cedera.

Sebelum Yanto bergabung, Timnas U-19 hanya menyisakan Hansamu Yama dan Sahrul Kurniawan yang berposisikan sebagai bek tengah. Putu Gede Juni Antara dan Febly Gushendra sebenarnya bisa juga berperan sebagai bek tengah. Namun, posisi asli mereka sejatinya adalah bek sayap.

"Saya terus berjuang di latihan. Jika mendapat kesempatan bermain, tentunya saya tidak ingin menyia-nyiakannya. Sudah jadi ambisi pribadi saya untuk menembus tim inti Timnas U-19 dan tampil di Piala Asia," jelas pemain Sriwijaya FC U-21 ini.

Sebenarnya, Yanto bukanlah muka baru di Timnas U-19. Dia sudah menjadi anak asuh Indra saat tim ini masih bernama Timnas U-17 dan berlaga di turnamen HKFA, Hong Kong, 2012 silam.

Yanto juga sempat mengikuti seleksi Timnas U-19 untuk Piala AFF 2013 dan kualifikasi Piala Asia 2014. Namun, saat itu, bek jebolan tim Sociedad Anonima Deportivo (SAD) Indonesia tersebut sering mengalami cedera.

"Ini teman-teman saya juga. Tidak ada masalah ketika kembali lagi ke sini. Adaptasi saya cukup baik. Pola bermain yang diterapkan coach Indra tidak berubah. Dan saya merasa sangat nyaman," jelas Yanto. [viva]