Monday, September 1, 2014

Risdianto: Timnas U-19 Terlalu Nyaman, Berbahaya Bagi Pembinaan

Timnas U-19 - IST
Seputar Timnas - Mantan Direktur Teknis Tim Nasional Indonesia Senior Risdianto memberikan komentar berbeda saat ditanya penyebab penampilan buruk Timnas Indonesia U-19 pada Turnamen Hassanal Bolkiah Trophy (HBT) musim 2014 di Brunei Darussalam.

Ia mengatakan penampilan buruk Evan Dimas dkk itu dikarenakan situasi terlalu nyaman yang berkepanjangan. Pemusatan latihan panjang dengan ujicoba Tur Nusantara jilid I dan II  tak terkalahkan ini membuat Garuda Jaya terlena. Antusiasme masyarakat yang mengelu-elukan timnas U-19, setelah meraih juara di AFF 2013 membuat mereka jumawa.

"Banyak dielu-elukan masyarakat, nggak ada pesaing membuat mereka merasa paling hebat. Itu berbahaya bagi pembinaan," ujarnya.

Menurut sumber Super Ball mengatakan penampilan buruk timnas U-19 di Brunei Darussalam itu dipicu  pembatalan ke Eropa secara mendadak. Padahal perlengkapan administrasi seperti visa, paspor mengikuti turnamen Cotif, Valencia seluruhnya sudah lengkap.

"Para pemain sudah menggelar syukuran mengundang tetangga dirumahnya minta didoakan akan ke Spanyol, tiba-tiba batal. Secara psikologisnya terganggu sehingga berpengaruh pada permainannya," ujarnya.[tribun]