Thursday, September 4, 2014

Pelatih: Daya Tahan Pemain Timnas U-19 Meningkat

Timnas U-19 - Kompas
Seputar Timnas - Rata-rata Vo2 Max pemain Timnas Indonesia U-19 mencapai 60. Dengan angka tersebut, berarti ada kenaikan dua digit dari rata-rata sebelumnya.

"Rata-rata Vo2 Max pemain 60an. Ada kenaikan dua digit dari yang sebelumnya, untuk yang tertinggi Evan Dimas Vo2 Maxnya mencapai 69," kata Nur Saelan, pelatih fisik Timnas U-19.

Dengan hasil tersebut, Vo2 Max pemain akan tetap coba dipertahankan. Mengingat waktu yang ada saat ini sudah sangat mepet sebelum berangkat ke Myanmar.

Sementara itu dari tes fisik yang dilakukan dengan Tim dari UNY, hasilnya cukup memuaskan. Daya tahan pemain hampir semua meningkat, dari 23 pemain 60-70 persen pemain menggalami kenaikan. Hal yang sama juga terjadi pada abillity atau kelincahan pemain. Hanya ada beberapa pemain yang kelincahannya kurang meningkat.

Menurut Nur Saelan, dengan kondisi yang ada saat ini. Secara fisik, para pemain Timnas sudah siap untuk berlaga. Namun menurut Nur Saelan, dalam bermain sepak bola tidak hanya mengandalkan fisik saja namun juga hal lain.

"Mental juga dinaikkan, saat ini anak-anak sudah siap untuk uji coba. Untuk terjun di turnamen secara fisik sudah siap, tapi kan kita main bola tidak hanya mengadalkan fisik," ujarnya.

Adapun masih ada  empat pemain Timnas belum mengikuti tes fisik, karena beragam alasan. Seperti sakit dan cidera, dimana jika waktu yang ada memungkinkan akan dilakukan tes susulan.

Terkait dengan hasil tes tersebut, pelatih Timnas U-19 Indra Syafri menyebutkan bahwa hasil yang diperoleh diluar ekspektasi. "Semua progres bagus, diluar ekspektasi kita," ujar Indra Syafri.[tribun]