Friday, September 26, 2014

Lawan Korut, Winger Bayu Gatra Berambisi Ukir Sejarah

Bayu Gatra - Goal
Seputar Timnas - Tim nasional (timnas) Indonesia U-23 akan menjalani laga berat di babak 16 Besar Asian Games 2014. Pasukan Aji Santoso harus berhadapan dengan Korea Utara di Ansan Wa Stadium, Jumat 26 September 2014.

Korut lebih diunggulkan dalam pertandingan ini. Berstatus juara Grup F, Chollima punya catatan mentereng di penyisihan grup. Dari dua laga yang dilalui, Korea Utara tak sekali pun menelan kekalahan dan tak pernah kebobolan.

Winger Garuda Muda, Bayu Gatra, mengakui Korut adalah lawan yang berat untuk dihadapi. Meski demikian, pemain Putra Samarinda (Pusam) itu tak gentar untuk meladeni permainan So Kyong Jin dan kawan kawan. Sebaliknya, Bayu dan kawan-kawan berambisi mencetak sejarah di multi even empat tahunan itu.

Indonesia sebenarnya sudah beberapa kali lolos ke babak perempat final pada Asian Games 2014. Prestasi terbaik tim Merah Putih adalah saat merebut medali perunggu pada Asian Games yang digelar di Jepang 1958 lalu. Pada perebutan tempat ketiga Indonesia berhasil mengalahkan India dengan skor telak 4-1.

Namun sejak 2002, saat tim yang tampil diwajibkan menurunkan timnas U-23, Indonesia sama sekali belum pernah melewati fase penyisihan grup. Bila sukses mengalahkan Korut, maka ini menjadi sejarah baru bagi skuad Garuda Muda. 

"Korut (Korea Utara) tim kuat, tapi kami juga harus menang. Biar kami bisa cetak sejarah," kata Bayu.

Bayu menambahkan, timnya harus fokus dan bermain maksimal dalam laga ini. Kekalahan 0-6 dari Thailand di penyisihan grup harus segera dilupakan "Yang kemarin buat pelajaran saja biar ke depan tambah bagus lagi," tuturnya.

Soal pemain yang harus diwaspadai, Bayu Gatra tak menyebut secara spesifik. Pemain 22 tahun itu mengatakan bahwa seluruh pemain Korut layak untuk diwaspadai.[viva]