Tuesday, September 9, 2014

Kiprah Timnas U-23 di Asian Games Akan Tentukan Jadwal 8 Besar ISL

Timnas U-23 - Antara
Seputar Timnas -  CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono belum bisa memastikan kickoff babak 8 besar Indonesia Super League (ISL). Jadwal kickoff ditentukan kiprah Timnas U-23 di Asian Games 2014.

Menurut Joko, jadwal pertandingan babak 8 besar ISL baru bisa ditentukan saat Timnas U-23 melakoni pertandingan terakhir kontra Thailand di babak penyisihan grup E pada 22 September 2014 mendatang.

"Jadwal babak 8 besar masih tentatif. Tergantung hasil Timnas U-23 di Asian Games 2014 saat melawan Thailand," ucap Joko yang juga menjabat Sekretaris Jendral PSSI di Hotel Sultan, Jakarta.

Joko menjelaskan, telah mengantongi dua opsi tanggal pelaksanaan kickoff babak perempat final ISL. Di samping itu, sukses Persipura Jayapura menembus semifinal AFC Cup menjadi pertimbangan PT Liga selaku operator kompetisi. "Kalau Timnas lolos, akan digelar pada 6 Oktober, kalau tidak 3 Oktober. Selain Timnas, kami juga melihat kiprah Persipura Jayapura di AFC Cup."

Persipura baru bermain 16 dan 30 September 2014 melawan klub, Al-Qadsia asal Kuwait. "Jadi kami tidak akan menunggu Persipura untuk menentukan laga leg pertama, sedangkan laga leg kedua baru diputuskan menyusul hasil Persipura."

Joko memberi kemungkinan, ISL rampung digelar 2 November 2014. Namun tenggat waktu itu bisa terpenuhi bila Timnas U-23 tidak lolos dari fase grup Asian Games 2014 dan Persipura gagal ke final AFC Cup.

Pria berkacamata itu mengapungkan opsi semifinal berlangsung antara 5 atau 30 Oktober. Sedangkan, final digelar 9 Oktober atau 2 November 2014 dengan sistem single-match. SUGBK masih menjadi opsi utama untuk menghelat partai 4 besar dan laga puncak ISL.

Namun ada beberapa opsi stadion lain seperti stadion Palaran di Samarinda, Kalimantan Timur dan stadion Jakabaring, Palembang, Sumatra Selatan.[liputan6]

Berikut laga pembuka babak 8 besar ISL.

Grup K: Arema vs Semen Padang, Persipura vs Persela
Grup L: Persebaya vs Mitra Kukar, Persib vs PBR.