Saturday, September 20, 2014

Ini "Musuh" Utama Timnas U-19 Menurut Matias Ibo

Matias Ibo - Liputan6
Seputar Timnas - Legenda sepakbola Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto, memberi saran untuk skuad Timnas Indonesia U-19 yang saat ini sedang menjalani Tur Spanyol. Kurniawan mengatakan, musuh utama skuad Garuda Jaya adalah kejenuhan.

Tur Spanyol merupakan persiapan terakhir bagi Timnas U-19 jelang tampil di Piala Asia U-19 2014 di Myanmar, Oktober 2014. Dua laga uji coba sudah dijalani Evan Dimas dan kawan-kawan di Spanyol, yakni melawan Atletico Madrid B (kalah 1-2) dan Valencia B (1-1).

Timnas U-19 selanjutnya akan menghadapi Barcelona B, 24 September 2014, dan menantang Real Madrid C, satu hari kemudian. Kurniawan mengatakan, persiapan panjang seperti yang dijalani Timnas U-19 bisa menimbulkan masalah, yakni kejenuhan.

"Musuh pemain adalah kejenuhan. Saat pemain jenuh, apa yang dipunya tak akan keluar saat laga. Untuk menjaga semangat bertanding, yang harus dihindari adalah kejenuhan," jelas Kurniawan dalam sebuah diskusi sepakbola di Jakarta.

Mantan bomber Timnas Indonesia era 1995-2005 itu juga menganggap, program persiapan yang dijalani Timnas U-19 terlalu berlebihan. Selain waktu yang terbilang lama, banyaknya uji coba juga menjadi kendala.

Timnas U-19 sudah melakoni 32 laga uji coba sejak Februari 2014. Itu belum termasuk dua laga persahabatan yang baru saja dijalani di Spanyol. Selain itu, Garuda Jaya juga harus memainkan empat partai di turnamen Hassanal Bolkiah Trophy (HBT) 2014, Agustus 2014.

Mantan fisioterapis Timnas senior, Matias Ibo, mengatakan, hal tersebut bisa memunculkan rasa jenuh dalam tubuh Garuda Jaya. Matias menilai, banyaknya laga uji coba membuat Timnas U-19 tidak bisa tampil maksimal di HBT 2014.

"Saya prihatin melihat penampilan mereka di Brunei. Di sana sudah kelihatan mereka sangat jenuh. Kalau dalam bermain, mereka seperti kehilangan motivasi dan lupa bagaimana cara bemain sepakbola," ujar Matias Ibo.[viva]