Monday, September 1, 2014

Indra Sjafri Berharap Nantinya Pemain Timnas U-19 Jadi Pelatih Masa Depan

Timnas U-19 - PSSI
Seputar Timnas -  Pelatih Tim Nasional Indonesia U-19 Indra Sjafri mengatakan pihaknya membangun skuat Garuda Jaya bukan sekedar mengasah kemampuan di lapangan semata.

Pelatih asal Padang, Sumatera Barat ini juga memikirkan masa depan Evan Dimas dkk setelah gantung sepatu alias tidak lagi aktif sebagai pemain.

"Makanya saya minta mereka semuanya kuliah tentu saja proses belajarnya menyesuaikan dengan jadwal kita," ujar Indra Sjafri, Minggu (31/8/2014).

Sebagian besar pemain timnas Indonesia U-19 menjalani kegiatan perkuliahan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Gajah Mada (UGM). Mereka masuk ke perguruan tinggi ternama itu melalui jalur olahraga.

Selain memikirkan pendidikan umum, Indra juga menyarankan kepada anak asuhnya untuk mengambil sertifikat pelatih lisensi C. Sehingga begitu karir di sepakbola sebagai pemain sudah habis, mereka bisa melanjutkan kegiatan di lapangan hijau sebagai pelatih.

"Saya sudah sampaikan dari awal kepada mereka harus mengambil lisensi C agar nantinya bisa menjadi pelatih. Sehingga setelah saya selesai banyak generasi penerusnya," ujarnya.

Indra mengatakan dirinya mengendalikan timnas U-19 bukan saja dari sisi pengembangan permainan semata. "Saya sudah tata masa depan mereka nantinya. Bukan hanya soal skill saja, tapi sudah jauh ke depan. Diharapkan mereka nantinya bisa berguna buat bangsa," ujarnya.

Timnas U-19 menjadi satu-satunya tim kebanggaan Indonesia. Garuda Jaya yang berhasil meraih juara di turnamen AFF 2013 ini diharapkan mampu mengulangi kesuksesannya di Piala Asia 2014 Myanmar, Oktober mendatang. 

"Kami mohon dukungan dan doanya dari masyarakat agar bisa meraih terget Oktober nanti," ujarnya.

Timnas U-19 bersiap untuk menjalani pemusatan latihan di Eropa, awal September 2014. Indra memilih anakasuhnya berkonsentrasi untuk mematangkan penyerangan dan pertahan dalam pemusatan latihan dan menanggalkan Turnamen Pre-Repatori AFF Vietnam.

Adalah Timnas Indonesia U-19B yang dibesut pelatih Rudi William Keltjes yang akan menggantikan peran Evan Dimas dkk di laga Pre-Repatori itu.[tribun]