Thursday, September 25, 2014

Indonesia "Hanya" Menang Tipis Atas Kamboja Lewat Pinalti

Raphael Maitimo - IST
Seputar Timnas - Timnas Indonesia berhasil menumbangkan Kamboja 1-0 pada laga persahabatan, lewat gol penalti Raphael Maitimo. Sepanjang laga, Indonesia tampil kurang gereget dan serangan-serangan mereka kerap tak berjalan mulus.

Pada pertandingan yang dihelat di Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis 25 September 2014, permainan kedua tim tampak kurang berkembang. Kendati demikian, Indonesia tetap memiliki peluang, salah satunya lewat Zulham Zamrun pada menit-menit awal. 

Indonesia mendapat peluang bagus pada menit 26. Kerja sama Zulham Zamrun dan Rizky Ripora diakhiri dengan umpan ke dalam kotak penalti. Maitimo menyambutnya dengan tandukan di depan gawang, namun bola masih melambung tipis di atas gawang Kamboja.

Pada menit 45, Indonesia akhirnya memimpin. Zulham dijatuhkan di dalam kotak penalti, yang membuat wasit menunjuk titik putih. Maitimo maju sebagai algojo, dan berhasil menuntaskan tugasnya dengan sempurna. Tim Garuda unggul 1-0 hingga turun minum.

Memasuki paruh kedua, Kamboja justru bermain lebih atraktif dan beberapa kali melancarkan serangan ke daerah pertahanan Indonesia. Sedangkan tim tuan rumah masih gagal tampil menyengat di mana serangan-serangan kerap patah di tengah jalan. 

Pada menit 56, misalnya, Kamboja memiliki peluang lewat tendangan bebas. Kurnia Meiga gagal mengantisipasi dengan baik, sehingga bola melambung liar di dalam kotak penalti Indonesia. Beruntung, kiper asal Arema Cronus itu akhirnya bisa mengamankan daerahnya.

Menit 66, Indonesia memiliki peluang lewat Cristian Gonzales, memanfaatkan umpan Tony Sucipto, sayangnya masih belum bisa menghasilkan gol. Sedangkan pada menit 70, gol Gonzales dianulir wasit karena sebelumnya telah terjadi offside.

Berikutnya, Indonesia masih berusaha mencari gol penambah keunggulan. Namun, hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir, tak ada gol tambahan yang mampu disarangkan. Laga pun berakhir 1-0 untuk kemenangan Indonesia. 

Pada dua pertandingan persahabatan sebelumnya, Indonesia diimbangi Yaman 0-0 dan menang atas Malaysia 2-0. Laga-laga tersebut merupakan bagian dari persiapan Tim Garuda dalam menghadapi Piala AFF 2014, November 2014.[viva]

Susunan Pemain
Indonesia: Kurnia Meiga; Supardi Nasir, M. Fachrudin (Dedi Gusmawan 69'), Hamka Hamzah, Rizki Ripora (Tony Sucipto 46'); Raphael Maitimo, Ahmad Bustomi (Hendro Siswanto 60'); Zulham Zamrun, Firman Utina (c) (M. Nur Iskandar 80'), Anindito Wahyu (Steven Imbiri 46'); Samsul Arif (Cristian Gonzales 46')

Kamboja: Souyati, Sok Sovan, Kouch Sokumpheak (c), Ngoy Srin, Ouk Sothy (Chhun Sothearath  46'), Phoung Soksana (Khuon Laboravy 42'), Moul Daravorn, Rous Samoeun, Prak Monyudom (Chhin Chhoeun 75'), Soung Virak (Sun Sovanrithy 62'), Souey Visal.