Thursday, September 25, 2014

Hadapi Indonesia, Ini Strategi Kamboja

Timnas Kamboja Latihan  VIVA
Seputar Timnas - Tekad Kamboja untuk berbicara banyak di ajang Piala AFF 2014, November mendatang begitu besar. Kendati progres persiapan masih negatif, sudah ada nilai lebih yang dikantongi tim pelatih The Royal Khmers.

Asisten pelatih Timnas Kamboja, Meas Channa bahkan mengaku kondisi pasukannya sedang dalam masa persiapan dan momen tepat untuk menguji ketangguhan dan kemampuan dalam bertahan. Kamboja berada dalam kondisi bagus jelang menghadapi Indonesia hari ini,  Kamis 25 September 2014.

Dia juga memuji Firman Utina dan kawan-kawan lebih baik dari Malaysia, lawan uji coba terakhir Kamboja. Pada pertemuan akhir pekan lalu itu, Kamboja kalah dengan skor 1-4 

"Tetapi, Indonesia adalah tim kuat. Buktinya, Indonesia menang 2-0 atas Malaysia, sedangkan kami kalah dari Malaysia. Itu artinya, Indonesia lebih baik dari pada Malaysia," tuturnya, usai menjalani sesi coba lapangan Gelora Delta Sidoarjo, Rabu 24 September 2014.

Channa juga tak segan mengungkap strategi apa yang bakal diterapkan timnya. Yakni, dengan mencoba keampuhan lini pertahanan dan memanfaatkan kecepatan barisan gelandangnya untuk melakukan serangan balik. 

“Strategi ini sudah mulai kami terapkan untuk menghadapi tim-tim yang punya kemampuan dan materi lebih baik dari kami, seperti Indonesia. Pelatih, bahkan sudah menjadikan ini sebagai ciri, ketika menjalani laga uji coba selanjutnya melawan Taiwan, 6 Oktober nanti,” ujarnya melalui penerjemah.

Khusus lawan Indonesia, Channa berharap skema ini berjalan sesuai instruksi. Apalagi, timnya dibebani target bisa menahan imbang tuan rumah meski hanya berlabel uji coba.

“Targetnya seri jika punya kesempatan, kita juga incar kemenangan. Kita akan melakukan serangan balik. Taktiknya rahasia pelatih, tetapi kita main full team karena semua dalam kondisi fit,” tegasnya.

Sebelumnya, kapten tim Kamboja, Kouch So Kumpheak dalam sesi konferensi pers di Hotel Summerset, Surabaya, menjanjikan perlawanan sengit. “Ini pertandingan yang bagus untuk kami. Apalagi, bisa main di Indonesia. Sangat bagus untuk persiapan Piala AFF nanti,” ujarnya.[viva]