Monday, September 15, 2014

Evan Dimas Sosok Gelandang Berdaya Jelajah Sangat Tinggi

Evan Dimas, - IST
Seputar Timnas - Sejak kelas 4 Sekolah Dasar (SD), Evan Dimas sudah tekun bermain bola. Bakat yang ada di dalam dirinya terus dia kembangkan, dan semakin terasah kala bergabung dengan Sekolah Sepak Bola (SSB) Mitra Surabaya pada tahun 2007.

Penampilannya yang bagus membuat dia terpilih memperkuat tim Surabaya untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) III Jatim 2011. Konsistensi permainannya sebagai seorang gelandang, membuat karier junior Evan terus meningkat. Dia pun terpilih menjadi kapten Tim Nasional Indonesia U-17 untuk tampil di ajang HKFA International Youth Invitation Tournamen di Hongkong pada awal 2012, dan sukses membawa pasukan masa depan Indonesia ini menjadi juara.

Di tahun yang sama, Evan terpilih sebagai wakil Indonesia dalam ajang pencarian bakat The Chance, mengalahkan ratusan ribu pesaingnya. Alhasil, Evan meraih tiket ke Barcelona, untuk menjalani latihan di klub elite Spanyol tersebut di bawah arahan pelatih Pep Guardiola, yang kini membesut juara Bundesliga, Bayern Muenchen.

Bakat dan jiwa kepemimpinannya membuat dia kembali terpilih sebagai kapten untuk Timnas Indonesia U-19, yang tampil gemilang di turnamen Piala AFF U-19. Tim berjuluk Garuda Jaya ini mencatat prestasi membanggakan karena menjuarai event antarnegara Asia Tenggara tersebut.

Tak hanya bakat dan kepemimpinan. Kekuatan fisik Evan pun sangat menonjol dibandingkan rekan-rekannya yang tergabung di Timnas U-19. Dari hasil tes fisik yang dilakukan tim pelatih, VO2max Evan tertinggi, sehingga buka sebuah kebetulan jika daya jelajahnya sebagai seorang gelandang, sangat bagus. 

Kini, Evan dkk merajut asa membuat sejarah untuk bermain di Piala Dunia U-20. Tetapi, mereka harus lebih dulu berjuang di pentas Piala AFC U-19 yang berlangsung di Myanmar pada Oktober nanti, sebagai pintu menuju Selandia Baru yang menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 2015. Garuda Jaya harus mampu mencapai semifinal sehingga bisa mendapatkan tiket ke sana (Piala Dunia U-20).[kompas]

Profil singkat:
Nama lengkap: Evan Dimas Darmono
TTL: Surabaya, 13 Maret 1995
Posisi: Gelandang