Tuesday, September 23, 2014

Dibantai Thailand Setengah Lusin Gol, Ini Jawaban Aji Santoso

Aji Santoso - Liputan6
Seputar Timnas - Pelatih Tim Nasional Indonesia U-23, Aji Santoso, mengaku terkejut dengan kekalahan 0-6 dari Thailand pada pertandingan terakhir penyisihan Grup E cabang sepak bola Asian Games 2014, di Incheon Football Stadium, Senin (22/9/2014). 

Gol-gol Thailand diciptakan  Pombubpha Chananan (6), Kraisorn Adisak (17, 90+1), Chanathip (57), Kroekrit (76), Pinyo (82). Pada pertandingan ini, Aji Santoso melakukan rotasi besar dengan tidak menurunkan Ramdani Lestaluhu, Dedi Kusnandar, Andritany, Manahati Lestusen, Achmad Jufriyanto, Alfin Tuasalamony, dan Ferdinand Sinaga, sebagai starter. 

"Kekalahan yangg di luar dugaan. Kami memang tidak ada pilihan harus menurukan mayoritas pemain pelapis karena memang Andritany, Dedi, dan Ramdani tidak mungkin kami turunkan karena dalam proses pemulihan dari cedera," kata Aji melalui pesan singkat kepada wartawan, Senin malam. 

"Alfin dan Manahati juga sudah mendapatkan kartu kuning yang cukup disayangkan. Kesempatan yangg diberikan kepada pemain pelapis kurang bisa dimanfaatkan dengan baik dan gol cepat membuat mental pemain down," sambungnya. 

Hasil ini membuat Garuda Muda lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup E dengan merangkum enam poin. Indonesia pun harus melawan juara Grup F, Korea Utara, pada babak 16 besar di Goyang Stadium pada 26 September 2014. 

Thailand sebagai juara Grup E dan akan berhadapan dengan runner-up Grup F, Tiongkok pada babak 16 besar. Tiongkok meraih tiket babak 16 besar setelah menang 1-0 atas Pakistan pada laga terakhir.[kompas]