Friday, September 19, 2014

Capai Fase Gugur Asian Games, Indonesia Sudah Menanti 28 Tahun

Timnas U-23 - NineSport
Seputar Timnas - Membekap Maladewa 4-0 di penyisihan Grup E sepak bola pria Asian Games XVII/2014 di Stadion Sepak Bola Incheon, Korea Selatan (Korsel), Tim Nasional U-23 Indonesia menorehkan sejarah baru. Soalnya, pencapaian itu setara dengan pencapaian fase gugur cabang olahraga paling favorit di muka Bumi ini. 

Pencapaian itu pun, sejatinya adalah penantian 28 tahun sejak Asian Games 1986 di Seoul. Waktu itu, Indonesia sebagai juara kedua Grup C mendampingi juara grup Arab Saudi melaju ke fase gugur. Perolehan Indonesia di grup itu adalah sekali menang melawan Malaysia, sekali seri melawan Qatar, dan sekali kalah melawan Arab Saudi.

Sebetulnya, pada Asian Games 1954 di Manila, Filipina, timnas Indonesia mampu menyodok ke posisi empat besar cabang olahraga sepak bola. Kala itu, pada penyisihan grup, Indonesia bertengger di posisi puncak. 

Lantaran cuma ada empat grup, kala itu, juara masing-masing grup langsung beradu di partai semifinal. Sayang, Tim Merah Putih tumbang di semifinal dari Republik China alias Taiwan. 

Kemudian, pada perebutan juara ketiga dan keempat, nasib sial belum beranjak dari kubu Indonesia. Pada babak itu, Indonesia keok oleh Burma dengan skor 4-5.

Empat tahun kemudian, pada perhelatan Asian Games 1958 di Tokyo Jepang, timnas Indonesia meraih medali perunggu. Indonesia melumat India 4-1 pada partai perebutan juara ketiga dan keempat.

Absen

Catatan terkumpul menunjukkan ada dua fase tatkala timnas sepak bola Indonesia absen di Asian Games. Fase itu adalah pada 1974-1982 dan 1990-2002.

Lalu, pada Asian Games 2006 di Doha, Qatar, Indonesia kembali berpartisipasi. Tapi, raihan prestasi Indonesia saat itu terbilang buram.

Pasalnya, dari tiga pertandingan penyisihan Grup B, Indonesia terkunci di dasar klasemen. Kalah 0-6 dari pemuncak klasemen, Irak, timnas Indonesia dipermak Suriah 1-4. Raihan satu poin hanya diperoleh Indonesia tatkala bermain imbang dengan Singapura 1-1.[kompas]