Thursday, September 18, 2014

Bantai Maladewa 4-0, Indonesia Raih Tiket 16 Besar

Timnas U-23 - IST
Seputar Timnas -Tim nasional Indonesia menang 4-0 atas Maladewa pada pertandingan lanjutan penyisihan Grup E cabang sepak bola Asian Games 2014, di Incheon Football Stadium, Kamis (18/9/2014). 

Dengan kemenangan ini, Merah Putih otomatis lolos ke babak 16 besar setelah sementara menjadi juara grup E dengan mengoleksi enam poin dari dua pertandingan. Selanjutnya, Indonesia akan melawan Thailand pada pertandingan penyisihan grup E, Senin (22/9/2014). Laga nanti untuk menentukan juara dan runner-up grup. 

Kemenangan Indonesia tidak lepas dari penampilan apik Ferdinand Sinaga yang mencetak dua gol dan satu assist. Ia juga sebelumnya tampil gemilang dengan mencetak empat gol saat mengalahkan Timor Leste 7-0. Ferdinand yang tepat berulang tahun ke-26 pada hari ini pun untuk sementara menjadi pencetak gol terbanyak  dengan torehan enam gol.  

Gol pertama Indonesia dicipatakan Ramdani Lestaluhu pada menit ke-13.Gol berawal dari kejelian Fandi Eko Utomo yang mengirimkan bola kepada Ramdani yang lolos dari jebakan Offside. Begitu menguasai bola, Ramdani melepas tembakan yang tak mampu dibendung kiper Mohamed Jazlaan.

Ramdani memiliki peluang menciptakan gol kedua pada menit ke-26. Alfin berhasil melakukan tusukan dari  sisi kiri pertahanan Maladewa. Pemain Persebaya Surabaya tersebut kemudian memberikan umpan tarik kepada Ramdani.

Sayang, pemain Pemain Persija tersebut terlalu terburu-buru melepaskan tembakan sehingga bola melambung di atas mistar lawan.

Setelah itu, tim besutan Aji Santoso ini kesulitan menciptakan peluang. Maladewa terlihat kokoh membangun lini pertahanannya. Tak hanya itu, Maladewa juga terlihat percaya diri menguasai bola.

Bahkan, Maladewa nyaris mencetak gol balasan melalui tandukan Hamza Mohamed pada menit ke-40. Beruntung, kiper Andritany masih sigap menepis bola. Penyelamatan Andritanya sekaligus mengunci keunggulan Garuda Muda dengan skor 1-0 pada babak pertama. 

Selepas turun minum, Indonesia kembali mencetak gol cepat melalui aksi Ferdinand Sinaga pada menit ke-49. Gol berawal dari umpan silang Ramdani di sisi kiri pertahanan lawan. Ferdinand yang dikawal pemain lawan, berhasil mengontrol bola. Tanpa pikir panjang, bomber Pesib Bandung tersebut melepaskan tembakan keras yang berujung gol. 

Ferdinand layak menjadi bintang lapangan pada pertandingan ini. Ia membidani gol Bayu Gatra pada menit ke-57. Indonesia untuk sementara unggul 3-0.  

Namun, Indonesia harus kehilangan Andritany pada menit ke-62. Kiper Persija Jakarta tersebut harus ditandu keluar lapangan seusai berbenturan dengan Mohamed Muslih. Aji Santoso memilih memasukkan Teguh Amiruddin untuk menggantikan posisi Andritany. 

Indonesia mendapatkan hadiah penalti setelah  Alfin dilanggar Samdhooh Mohamed pada menit ke-80. Ferdinand yang maju sebagai algojo berhasil menaklukkan kiper Mohamed Jazlaan. Gol Ferdinand sekaligus mematraikan kemengan Indonesia.  [kompas]


Susunan Pemain
Maladewa: 1-Mohamed Jazlaan; 2-Ahmed Numaan, 3-Samdhooh Mohamed, 4-Amdhan Ali, 13-Shafiu Ahmed; 6-Mohamed Arif, 12-Hassan Shifaz, 14-Hamza Mohamed, 15-Moosa Yaamin, 16-Mohamed Irufaan; 10-Asadhulla Abdulla
Pelatih: Dargo Mamic

Indonesia: 12-Andritany Ardhiyasa; 3-Dany Saputra, 4-Victor Igbonefo, 12-Manahati Lestusen, 26-Alfin Tuasalamony; 23-Bayu Gatra, 15-Achmad Jufriyanto, 7-Ramdani Lestaluhu, 11-Dedi Kusnandar; 8-Fandi Eko Utomo; 17-Ferdinand Sinaga
Pelatih: Aji Santoso

Wasit: Al Qaysi Ali Sabah Adday