Friday, September 12, 2014

Aji Santoso Waspadai Pemain-pemain Naturalisasi Timor Leste

Aji Santoso bersama skuad timnas U-23 - Tribun
Seputar Timnas - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Aji Santoso, meminta para pemainnya untuk tidak menganggap remeh kekuatan Timor Leste. Meski usia negaranya tergolong baru, namun penampilan tim berjuluk The Raising Sun tersebut mengalami peningkatan yang cukup drastis. 

Indonesia akan bertemu Timor Leste pada laga perdana babak penyisihan Grup E, Asian Games Incheon, Korea Selatan, Senin, 15 September mendatang. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Goyang, Korea Selatan. 

"Kami ingin menang di pertandingan pertama, supaya berikutnya sedikit tenang," kata Aji lewat pesan singkatnya, Kamis, 11 September 2014. "Timor Leste sekarang beda, tidak boleh dianggap remeh. Mereka punya pemain-pemain naturalisasi," bebernya. 

Bukan tanpa alasan Aji mewaspadai kekuatan Timor Leste. Sebab, pada SEA Games 2014 lalu, The Raising Sun sempat merepotkan timnas U-23 besutan Rahmad Darmawan saat kedua tim bertemu di grup B. Aji sendiri kala itu ikut mendampingi timnas sebagai asisten pelatih. 

Pada pertandingan ketiga, usai kalah 1-4 dan menang 1-0 lawan Kamboja, Indonesia justru ditahan imbang Timor Leste 0-0. Beruntung di laga terakhir, Garuda Muda mampu mengalahkan Myanmar 1-0 sehingga lolos ke semifinal dengan status runner up grup. 

Sembilan pemain naturalisasi memang memperkuat Timor Leste kala itu. Salah satunya adalah Diogo Rangel yang berasal dari Brasil. Diogo juga pernah merumput di Indonesia bersama Sriwijaya FC. 

Sementara itu, mengenai peluang Timnas U-23 lolos dari fase grup, Aji masih percaya dengan kemampuan anak-anak asuhannya. Namun, meski menganggap Thailand sebagai lawan terkuat, dia enggan menganggap enteng Maladewa yang dinilai sebagai tim terlemah.   

"Perkembangan tim bagus, terakhir juga ketika lawan tim PON DKI. Kami optimistis lolos ke babak berikutnya. Anak-anak harus bermain maksimal agar bisa memetik hasil maksimal juga,” papar Aji.

Setelah berhadapan dengan Timor Leste, Timnas U-23 akan menghadapi Maladewa pada 18 September 2014. Setelah itu di laga pamungkas Grup E, Thailand akan menjadi lawan Garuda Muda pada 22 September 2014.[viva]