Monday, August 25, 2014

Timnas U-19 Myanmar Akhirnya Gondol Hassanal Bolkiah Trophy 2014

Myanmar Juara HBT 2014 -Brunei Times
Seputar Timnas - Tim nasional sepak bola Myanmar menjuarai ajang Hassanal Bolkiah Trophy (HBT) 2014. Gelar juara di turnamen untuk pesepakbola berusia di bawah 22 tahun itu semakin memotivasi negara itu meraih prestasi di ajang Piala Asia U-19 pada Oktober mendatang. 

Turnamen yang digelar di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam itu merupakan sarana persiapan jelang berlaga di Piala Asia U-19. Selain Myanmar, negara-negara lainnya, seperti Indonesia, Vietnam, dan Thailand memanfaatkan event ini sebagai sarana pemantapan tim.

Skuat asuhan pelatih Zerd Geise mencatatkan hasil positif selama turnamen HBT 2014. Myanmar selalu meraih kemenangan dalam enam pertandingan. Di partai puncak, Myanmar mengalahkan Vietnam 4-3. Pertandingan di Hassanal Bolkiah National Stadium, Sabtu (23/8/2014) malam berlangsung ketat. 

“Kami datang ke sini untuk mempersiapkan tim berlaga di Asian Football Confederation (AFC) pada Oktober. Tetapi, setiap bermain, kami selalu ingin meraih kemenangan. Ini pertandingan final yang luar biasa dan saya mengapresiasi permainan tim Vietnam,” kata pelatih Myanmar, Zerd Geise seperti dilansir situs AFF.  

Myanmar unggul terlebih dahulu pada menit ke-17 melalui Myo Ko Tun, namun, gol ini berhasil disamakan menjadi 1-1, setelah Van Long mencetak gol pada menit ke-38. Kedudukan pada babak pertama berakhir imbang 1-1. Berselang tiga menit setelah jeda babak, Vietnam unggul melalui Tuan Tai. 

Namun, gol ini tidak bertahan lama, sebab pada menit ke-58, Myo Ko Tun mencetak gol kedua sekaligus mengubah kedudukan menjadi 2-2. Berselang dua menit kemudian, Maung Maung Soe mencetak gol untuk membalikkan keadaan menjadi 3-2. Tetapi, pada menit ke-71, Cong Puong berhasil mencetak gol untuk menyamakan kedudukan.     

Pada menit ke-82, Aung Tu mencetak gol untuk mengantarkan Myanmar meraih kemenangan. Sampai pertandingan berakhir, kedudukan 4-3 untuk keunggulan Myanmar tidak berubah. Ini merupakan gelar pertama Myanmar di turnamen yang diselenggarakan untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kepala Negara Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah. 

“Kami puas dengan kemenangan 4-3. Kami menguasai bola dan menciptakan peluang. Tetapi, Vietnam sangat berbahaya di setiap menit pertandingan. Kami membuat kesalahan, tetapi kami mempunyai satu gol lebih baik daripada mereka,” tambah Geise.[tribun]