Friday, August 8, 2014

Rudy Keltjes: Minim Jam Terbang, Timnas U-21 Belum Siap Pakai

Rudy William Keltjes - IST
Seputar Timnas -  Pelatih Tim Nasional U-21 Rudi William Keltjes mengatakan 18 pemain (3 penjaga gawang) timnas dinilai pemain yang memiliki talenta bermain sangat bagus.

Namun skuad yang didominasi pemain Sriwijaya FC U-21 ini masih gugup saat mengolah bola dalam pertandingan. Hal ini terlihat saat melakoni ujicoba melawan tim Purwakarta di lapangan POR Pelita Jaya, Sawangan, Depok, Selasa (5/8/2014). Timnas U-21 unggul 1-0 atas lawannya.

"Mereka pemain yang memiliki skill bagus. Tapi belum siap pakai karena minim jam terbang. Butuh waktu untuk membentuknya," ujar Pelatih Timnas U-21 Rudi William Keltjes, Rabu (6/8/2014).

Rudi mengatakan minim jam terbang ini membuat pemain kebingungan saat menerima bola. Akibatnya pemain sangat mudah kehilangan bola.

Berbeda dengan tiga pemain 'pinjaman' Timnas U-19 yang bergabung dengan timnas U-21. Gaya bermain Martinus Novianto, Alqomar dan Eriyanto mendapat pujian pelatih.

"Tiga mantan pemain U-19 ini faham tujuan bermain bola. Mereka sudah tahu harus ke mana mengalirnya," ujarnya.

Situasi tim ini, kata Rudi yang membuat dirinya sulit menerapkan strategi ideal. Alasannya selain keterbatasan pemain, juga persiapan yang mepet, hanya mempunyai waktu 5 hari sebelum terbang ke Valencia, Spanyol.

"Tapi saya tidak menyerah. Saya akan memanfaatkan kecepatan mereka dengan menggunakan strategi bertahan yang mengandalkan serangan balik saat lawan lengah," ujarnya.[tribun]