Friday, August 29, 2014

Pelatih Villa 2000: Timnas U-19 B Tak Punya Kreativitas

Ricky Nelson - IST
Seputar Timnas - Pelatih Villa 2000, Ricky Nelson, menilai masih banyak kelemahan yang harus dibenahi timnas Indonesia U-19 B. Seperti diberitakan sebelumnya, Villa 2000 berhasil menaklukkan Indonesia U-19 B dengan skor tipis 1-0, pada laga uji coba di pemusatan latihan usia muda PSSI, Sawangan, Kamis (28/8) petang.

Ricky menuturkan para pemain Indonesia U-19 B terlihat sulit berkembang ketika harus menghadapi lawan yang pemainnya lebih senior. "Kalau saya lihat masalahnya di pengalaman bermain mereka. Mungkin banyak pemain di klubnya jarang main," ucap Ricky, usai uji coba.

"Tak ada kreativitas. Mereka masih belum bisa memainkan kapan harus menekan, kapan harus balik bertahan. Penyerangan juga masih buntu. Kalau kita bandingkan dengan tim U-19 yang satunya, tim ini tidak ada pemain pengatur serangan," tambahnya.

Lebih lanjut, Ricky menambahkan melihat sisa waktu yang dimiliki Indonesia U-19 B, tidak mungkin mematangkan tim dengan menggelar banyak uji coba lagi. "Jadi pelatih harus lebih fokus kepada kriteria kebutuhan pemainnya seperti apa. Tim ini harus segera menentukan konsep bermainnya seperti apa," jelasnya.

Seperti diketahui, Indonesia U-19 B sedang dipersiapkan untuk mengikuti turnamen AFF U-19 Preparatory di Vietnam, 5-15 September 2014. Pada ajang itu, mereka tergabung di grup A bersama Thailand U-19 dan Myanmar U-19.[goal]