Thursday, August 14, 2014

Minim Dana, Timnas Indonesia Galau Ikut Homeless World Cup

Tim Homeless World Cup - IST
Seputar Timnas - Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang akan berlaga di Homeless World Cup (HWC) 2014 di Chile sudah terbentuk. Delapan pemain yang akan memperkuat timnas sudah terpilih setelah melalui seleksi ketat.

Setelah terbentuk, timnas Indonesia ternyata menyimpan kegalauan cukup besar. Itu karena mereka belum pasti bisa berlaga di Chile pada Oktober mendatang. Terbatasnya dana yang dimiliki menjadi batu pengganjal.

"Dana yang tersedia baru Rp230 juta, itu pun yang sudah kita pegang baru Rp30 juta, sisanya masih berupa tanda tangan," ujar Manajer Timnas Indonesia, Febby Arhemsyah, dalam konferensi pers di Bandung, Jawa Barat, Rabu (13/8/2014).

Dijelaskannya, dana sekira Rp200 juta itu memang dijanjikan oleh sejumlah sponsor. Tapi hingga kini dana itu belum dapat dicairkan.

Sementara untuk kebutuhan total, setidaknya Timnas harus mengantongi uang sekitar Rp900 juta. Itu mencakup berbagai kebutuhan Timnas mulai dari persiapan, biaya transportasi, serta akomodasi dan kebutuhan dan lainnya.

Disinggung soal bantuan dari pemerintah, sejauh Febby mengaku belum menerima. Tapi Kemenpora menurutnya menyatakan akan memberikan bantuan, termasuk Pemkot Bandung yang akan mencari dana CSR untuk Timnas.

Itu pun jumlahnya belum diketahui apakah akan mencukupi kebutuhan tim atau tidak. Rumah Cemara sebagai national organizer HWC di Indonesia pun akan melakukan sejumlah langkah.

"Salah satunya kita akan menjual produk yang mendukung (jadi sponsor) kita. Ada tas, syal, jersey, dan lain-lain," tutur Febby.

Selain itu, Rumah Cemara juga berencana melakukan penggalangan dana seperti yang dilakukan tahun lalu. "Target realistis kita yang paling utama adalah bisa berangkat ke Chile," tegasnya.[okezone]