Monday, August 4, 2014

Jelang HBT 2014, Timnas U-19 Sudah Mulai Mantapkan Strategi

Timnas U-19 - Sindo
Seputar Timnas - Timnas Indonesia U-19 terus memantapkan persiapan jelang tampil di Hassanal Bolkiah Trophy (HBT) 2014 di Brunei Darussalam, 9-23 Agustus 2014. Pagi tadi, Senin 4 Agustus 2014, Evan Dimas dan kawan-kawan kembali menggelar latihan di Lapangan Sekolah Pelita Harapan (SPH), Karawaci.

Pelatih Indra Sjafri terus menggembleng taktik dan strategi permainan Timnas U-19. Pada sesi latihan pagi tadi, Indra terlihat ingin mematangkan strategi alternatif. Jika biasanya tim Garuda Jaya menggunakan formasi 4-3-3, di latihan pagi tadi mereka juga melatih sistem 3-5-2.

Putu Gede Juni Antara yang biasa beroperasi sebagai bek kanan, posisinya didorong sedikit ke depan. Dia diplot untuk bisa menjaga kedalaman lini tengah dan memutus aliran bola lawan di sektor kedua. Sistem penguasaan bola juga terus dimatangkan. Para pemain memiliki waktu paling lama satu menit untuk mengubah arah aliran bola.

Selain itu, Indra melatih pola serangan balik. Ketika memenangi perebutan bola di wilayah pertahanan, para pemain dituntut segera mengalirkan bola ke lini depan. Mereka hanya melakukan umpan maksimal lima kali dalam membangun serangan balik.

"Ini sudah masuk tahap prakompetisi. Sudah tidak ada waktu menggembleng fisik pemain. Jadi, kami sudah masuk ke pematangan taktik dan strategi bermain. Bagaimana cara bertahan, melakukan pressing, serta membangun serangan. Semuanya kami latih," kata Indra usai memimpin latihan.

Mengenai turnamen HBT 2014, Indra menyatakan tidak ada target khusus. "Tajuknya uji coba, jadi tidak ada target-targetan. Yang penting menjalankan semua proses sesuai program," tutur pelatih 51 tahun itu.

Pada HBT 2014, Timnas U-19 akan berada di Grup B bersama Vietnam U-20, Brunei U-21, Singapura U-21, Malaysia U-21, dan Kamboja U-21. Indonesia akan menjalani laga pertama melawan Malaysia pada 8 Agustus 2014.[viva]