Thursday, August 28, 2014

Jadwal TC Timnas Senior Tunggu Kepastian Tiga Uji Coba

Wolfgang Pikal - IST
Seputar Timnas - Timnas senior sampai akhir Agustus ini belum memastikan waktu pemusatan latihan untuk September mendatang. Alasannya, tim pelatih masih menunggu perkembangan dari Badan Tim Nasional (BTN) terkait jadwal uji coba terdekat.

Asisten pelatih Timnas senior Wolfgang Pikal saat dihubungi menjelaskan sejauh ini memang baru satu lawan uji coba yang pasti.

Namun, melihat tenggat antara jeda waktu libur Indonesia Super League (ISL) dan jadwal uji coba melawan Malaysia pada 14 September, dia memprediksi bisa saja ada uji coba sebelum itu.

"Kami memang belum pasti kapan mulai kumpulkan pemain untuk pemusatan latihan lagi. Kapan kami kumpul, tergantung kapan uji coba mulai," ujar pelatih berkebangsaan Austria tersebut.

Wolfgang menyebut, ada wacana pemanggilan pemain tim proyeksi Piala AFF itu dilakukan pada pekan depan. Namun, untuk kepastian kumpul lebih cepat dari 7 september atau tidak, bergantung bagaimana keputusan di 9 September.

Menurut dia, pada 9 September nanti adalah FIFA match day. Sehingga, ada kemungkinan PSSI bakal  mendapatkan lawan di hari yang memang ditentukan FIFA sebagai hari untuk menggelar pertandingan-pertandingan uji coba.

"Kami sudah minta tiga uji coba, satu sudah terpenuhi, kami tunggu dua pertandingan lagi, dan itu kami minta yang tandang," terang lelaki yang sudah belasan tahun tinggal di Bali tersebut.

Di sisi lain, Alfred Riedl yang dihubungi melalui pesan elektronik menyebut kemungkinan akan memasukkan dua nama baru yang belum sempat bergabung di pemusatan latihan selama ini. Sayang, dia tidak bisa menyebutkan nama dua pemain tersebut.

Selain itu, Riedl sejatinya ingin memanggil pemain-pemain muda di U-23. Tapi. cukup sulit baginya untuk menyertakan para penggawa muda di pemusatan latihan september ini

"Semua pemain muda terbaik kini ada di timnas U-23, tapi tidak mungkin kami panggil karena mereka diprioritaskan ke Asian Games Incheon," tandasnya.

Tak hanya pemain muda, tim pelatih juga menegaskan tidak akan mudah untuk memanggil pemain terbaik di uji coba September ini. Contohnya pemain dari Persipura Jayapura, karena tim asal Papua itu juga harus berjuang di AFC Cup, meskipun kompetisi ISL sedang libur.

"Persipura harus main di semifinal AFC Cup pada 16 dan 30 September. Jadwalnya tidak ideal. Selalu bentrok dengan jadwal klub dan juga timnas lainnya seperti U-23," keluhnya.[jawapos]