Monday, August 4, 2014

Ini Cerita Evan Dimas Tentang Hidangan Lebaran

Evan Dimas - IST
Seputar Timnas - Momen lebaran benar-benar dimanfaatkan oleh kapten timnas Indonesia U-19, Evan Dimas. Setelah hampir setahun mengikuti masa pemusatan latihan dalam persiapan Piala Asia U-19, Evan akhirnya pulang untuk berkumpul bersama keluarganya saat lebaran.

Evan mengaku sangat rindu berkumpul dengan keluarganya. Meski singkat, pemuda asal Surabaya senang bisa bertemu adik serta kedua orang tuanya.

Timnas U-19 baru meliburkan latihan pada 23 Juli 2014. Mereka hanya diberikan waktu selama 9 hari untuk beristirahat. Pada Sabtu 1 Agustus 2014 lalu, para penggawa Garuda Jaya sudah kembali berkumpul di Jakarta dan kembali menggelar latihan pada keesokan harinya.

"Bersyukur sekali bisa bertemu dengan bapak, ibu, serta adik-adik saya setelah selama hampir setahun tidak bertemu karena menjalani TC bersama timnas U-19," kata Evan di Lapangan Sekolah Pelita Harapan (SPH), Karawaci, Tangerang, Senin 4 Juli 2014.

Selain melepas rindu dengan keluarga, Evan juga punya kesempatan untuk menyantap makanan khas Lebaran kesukaannya. Selama ini, gelandang berusia 19 tahun tersebut beserta rekan-rekannya di timnas U-19, dilarang mengonsumsi hidangan yang berlemak dan pedas.

Padahal makanan khas Lebaran seperti ketupat sayur, opor ayam, rendang, dan lainnya, memiliki kadar lemak tinggi dan rasanya pedas.

"Iya mas, bisa makan yang pedas-pedas saat Lebaran. Tapi, tetap saja tidak bisa seenaknya. Saya harus memikirkan semua aturan yang ditetapkan dokter tim," jelas Evan.

Sebenarnya, para pemain timnas U-19 sudah diizinkan untuk menikmati makanan-makanan pedas dan berlemak selama lebaran. Namun, itu hanya berlaku di lebaran hari pertama saja.

"Sudah ada kelas nutrisi yang digelar untuk pemain sebelum libur. Kami juga memberikan buku panduan tentang makanan apa saja yang bisa dimakan saat lebaran kepada pemain," ucap dokter timnas U-19, Alfan Nur Ashyar.

"Tim dokter juga sudah memberi izin untuk menyantap hidangan seperti opor, rendang, dan lainnya, hanya di hari pertama Lebaran. Selebihnya mereka harus kembali menjaga pola makannya," sambung dia. [viva]