Thursday, August 28, 2014

Indra Sjafri: Tak Ada Lagi Turnamen Untuk U-19

Indra Sjafri - Goal
Seputar Timnas - Timnas U-19 tak akan lagi mengikuti turnamen di sisa masa persiapan menuju Piala AFC U-19 di Myanmar Oktober nanti. Menurut Badan Tim Nasional (BTN), itu menjadi pilihan tim pelatih U-19 sehingga mereka pun membentuk Timnas U-19 yang lain untuk diterjunkan di turnamen persiapan AFF U-19.

Pelatih Indra Sjafri saat ditemui di Bandara sepulang dari Hassanal Bolkiah Trophy (HBT), kemarin (20/8) terlihat bergegas pulang. Dia  mengakui jika hasil di Brunei akan menjadi pengalaman berharga dari sisi mental dan psikologi pemain.

Untuk meningkatkan semangat dan mental skuad Garuda Jaya, Indra memutuskan untuk meliburkan tim selama tiga hari.

"Agar pemain pulang, dan bertemu keluarga. Itu bisa menjadi suntikan moral tersendiri. Karena setelah ini tidak ada lagi libur sampai tampil di Myanmar nanti," katanya.

Saat disinggung mengenai kepastian untuk tak tampil di turnamen persiapan AFF U-19 di Vietnam, Indra mengaku belum bisa berbicara banyak. Alasannya, evaluasi pasca di HBT belum dilakukan dan baru dijadwalkan digelar malam ini.

"Saya tidak tahu, evaluasi aja belum. Kalau sudah evaluasi baru nanti tahu apa selanjutnya," terang pelatih asal Padang tersebut.

Meski demikia, Indra sempat menyebut fase mengikuti turnamen telah selesai, selepas tampil dengan hasil buruk di HBT 2014 pekan lalu. Karena itu, dia lebih memilih Timnas untuk mengikuti pertandingan uji coba single match dari pada turnamen.

Terkait rencana Timnas U-19 untuk mengikuti pemusatan latihan di Eropa, lagi-lagi Indra belum bisa memastikan.

"Nanti tunggu evaluasi bagaimana kelanjutan di Eropa nanti," terang pelatih 51 tahun tersebut.

Pernyataan Indra yang menyebut tak ada lagi turnamen yang diikuti sejatinya berbeda dengan pernyataan awalnya dahulu. Saat pertama kali memaparkan program, Indra menegaskan jika di fase turnamen, minimal ada dua turnamen yang diikuti.

Sementara itu, BTN sendiri sudah menegaskan menunjuk pelatih Timnas U-21 Rudy William Keltjes untuk mengani Timnas U-19 lain. Mereka akan tampil di ajang turnamen Persiapan AFF U19 di Vietnam 3-15 September nanti.

Untuk pemain, selain materi yang dibawa ke turnamen Cotif, Spanyol, ada 120-an nama pemain U-19 yang sudah disiapkan oleh BTN. Nama-nama itu adalah data pemain potensial yang telah dijadikan data base oleh PSSI, dari hasil blusukan Indra mencari pemain dari U-17 dahulu.

"Nama-nama pemain potensialnya sudah ada, tinggal diseleksi nanti di Sawangan," ujar BTN. [jawapos]