Thursday, August 21, 2014

Indonesia Akan Jadi Proyek Percontohan UEFA-AFC

PSSI dan AFC dan UEFA - Liga
Seputar Timnas - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) beruntung menjadi proyek percontohan kerja sama antara Konfederasi Sepak Bola Eropa (UEFA) dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Kedua konfederasi tersebut telah melakukan pertemuan dengan PSSI selama dua hari di Jakarta, 20-21 Agustus 204.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh perwakilan AFC yakni Sanjeevan Balasingam selaku Direktur Anggota Asosiasi dan Pengembangan AFC. Sementara dari UEFA diwakili oleh Alex Philips (Kepala Hubungan Antarpejabat UEFA), Mark Timmer (Kepala Stadion dan Keamanan UEFA), dan Tom Gorissen (Manajer Penasehat UEFA).

"Ada 46 anggota AFC dan semua punya kebutuhan berbeda sehingga tidak mungkin untuk diakomodir. Alasan kami memilih Indonesia karena punya struktur yang baik dan rencana strategis yang jelas. Kami ke sini karena itu," kata Philips pada jumpa pers di lobi VIP Barat Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (21/8/2014).

Philips mengungkapkan diskusi yang dilakukan bersama PSSI dan AFC sejak kemarin adalah mengenai pengembangan teknik, klub, dan liga.

"Saya cukup senang dengan yang ada di negara Asia. Terkhusus Indonesia, saat head to head antara liga Eropa dengan liga lokal, penonton tetap meminati liga lokal, dalam hal ini ISL. Saya apresiasi minat yang ada di Indonesia," tambahnya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Joko Driyono mengakui PSSI memang membutuhkan kerja sama dengan siapapun tanpa kecuali.

"Kami memang butuh partnership dari siapapun tanpa kecuali. Kedatangan UEFA ini sebuah kabar baik karena semua pasti tahu UEFA ini ahli di industri sepak bola. Kami juga bicara tentang bagaimana membuat Liga profesional dan bisnisnya," ujar Joko.[metrotv]