Friday, August 22, 2014

HPU Bantu Godok Evaluasi Timnas U-19

Djoko Driyono - IST
Seputar Timnas - Sekretaris Jenderal Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Joko Driyono, mengungkapkan, tim High Performace Unit (HPU) bakal melakukan pembicaraan dengan staf internal skuad Garuda Jaya untuk mengevaluasi persiapan menjelang Piala Asia U-19 2014 Myanmar. 

"HPU akan melakukan pembicaraan lanjutan tetapi tidak dengan panelis. Namun, pembicaraan itu dengan internal sendiri soal evaluasi kemarin dan program selanjutnya," ungkap Joko di Jakarta, Jumat (22/8/2014). 

Pernyataan itu diungkapkan Joko setelah Badan Tim Nasional (BTN), tim panelis yang terdiri dari Rahmad Darmawan, Alfred Riedl, dan Fachri Husaini beserta staf pelatih timnas U-19 melakukan evaluasi di Jakarta, Kamis (21/8/2014). Evaluasi itu berkaitan dengan hasil rangkaian uji coba yang dilakukan timnas U-19. 

Teranyar, timnas U-19 menuai hasil buruk di turnamen Hassanal Bolkiah 2014. Dalam turnamen tersebut, Evan Dimas dan kawan-kawan gagal melangkah ke putaran selanjutnya setelah menelan tiga kekalahan, sekali meraih hasil imbang, dan hanya sekali menang. 

"Evaluasi kemarin bagus. Tujuan tercapai agar kita dapat memelihara optimisme kita untuk menjadi yang terbaik di Piala Asia. Dari evaluasi tersebut, secara umum memang harus ada perbaikan-perbaikan," kata Joko. 

"Namun, semua terukur dan itu yang paling menggembirakan. Mulai dari aspek teknis mengenai penampilan kolektif tim, penampilan individual menyangkut aspek teknik, taktik, mental, dan  fisik," tambahnya. 

HBT merupakan turnamen pemanasan bagi timnas U-19 sebelum tampil di Piala Asia yang digelar di Myanmar pada 9-23 Oktober 2014. Skuad asuhan Indra Sjafri itu ditargetkan lolos ke semifinal untuk meraih tiket ke Piala Dunia U-20.[kompas]