Friday, August 8, 2014

HBT 2014: Ujian Akhir Bagi Evan Dimas Dkk Jelang Tembus Asia

Timnas U-19 - IST
Seputar Timnas - Persiapan terakhir tim nasional Indonesia U-19 menuju Piala Asia 2014 sudah di depan mata. "Garuda Jaya" harus mampu lewati ujian akhir mereka di Sultan Hassanal Bolkiah Trophy (HBT) 2014 agar moral tetap terjaga jelang terbang ke Myanmar.

Sebenarnya, timnas U-19 sebelumnya mempersiapkan diri untuk tampil di turnamen COTIF yang bakal berlangsung 10-20 Agustus 2014 di Spanyol. Turnamen di kota Valencia itu rencananya diikuti oleh tim-tim besar macam Brasil U-20, Argentina U-20, sampai Barcelona U-20 juga ikut tampil.

Namun, PSSI kemudian membatalkan keikutsertaan tim besutan Indra Sjafri di turnamen COTIF 2014. Sebagai gantinya, Timnas U-19 dikirim ke turnamen HBT 2014 yang akan digelar 8 sampai 23 Agustus 2014.

Ada beberapa faktor yang dipertimbangkan PSSI sehingga menerima perubahan program Timnas U-19 yang telah disusun BTN. Salah satunya adalah banyaknya dorongan dari beberapa pihak agar Indonesia mengirimkan tim ke turnamen HBT.

"Memang undangan Hassanal Bolkiah datang setelah jauh-jauh hari kami merancang Cotif. Kemudian, ada dorongan dari negara-negara sahabat, AFF, AFC dan KBRI di sana untuk Indonesia berpartisipasi," ujar Sekretaris Jenderal PSSI, Djoko Driyono, seusai rapat Komite Eksekutif di Hotel Sultan, Jakarta, pada akhir Juli lalu.

Pertimbangan kedua, di Hassanal Bolkiah sudah jelas lawan yang akan dihadapi oleh Timnas U-19. Garuda Jaya akan tampil melawan lima negara di Grup B. Kelima negara itu adalah Brunei, Kamboja, Malaysia, Singapura dan Vietnam.

"Di Hassanal Bolkiah, kita akan bermain seluruhnya melawan negara. Berbeda dengan Cotif yang merupakan campuran negara dan klub," tutur Djoko. "Itu juga menjadi pertimbangan pelatih."

Kalau dari segi kualitas turnamen, jelas COTIF memiliki manfaat yang lebih besar karena berkesempatan tampil melawan tim-tim yang lebih kuat.

Namun, faktor mentalitas pemain timnas U-19 juga mesti diperhatikan. Kalau sampai menuai hasil mengecewakan di Valencia nanti, bisa-bisa semangat Evan Dimas cs ambruk saat harus tampil di Piala Asia bulan Oktober mendatang.

Untuk menyiasati pengubahan ini, PSSI tetap menjadwalkan ujicoba di Eropa untuk timnas U-19. Rencananya, Indra Sjafrie dan timnya akan terbang ke Benua Biru pada September 2014 mendatang. "Tapi, belum ditentukan negara mana yang akan dikunjungi," ungkap Indra.

Tak Pasang Target, Tetap Harus Maksimal

Saat ini, timnas U-19 sudah menghabiskan dua malam di Brunei Darussalam dan sudah menjalani dua sesi latihan jelang mengikuti HBT 2014. Apa target yang dipatok oleh Indra Sjafrie?

Sang pelatih mengungkapkan kalau dirinya lebih fokus ke Piala Asia dibanding HBT 2014 ini. Target juara pun tidak jadi keharusan.

"Semua pemain saya berusia di bawah 19 tahun dan target saya adalah Piala AFC (Piala Asia)," ujar Indra kepada The Brunei Times.

"Mereka (pemain) sudah berlatih sejak sebelum (Piala) AFF. Turnamen ini hanya untuk pengalaman dan kami tak punya target," ia menambahkan.

Lawan Timnas Indonesia nanti bukan tim yang sembarangan. Malaysia menurunkan Harimau Muda yang selama beberapa musim terakhir tampil di Liga Singapura, atau S-League.

Menurut pelatih Malaysia, Mohd Razip, skuad Indonesia adalah salah satu favorit juara dan patut diwaspadai. Meski begitu, tim asuhannya juga ingin menciptakan kejutan.

"Ini adalah tantangan buat kami bisa berada di grup ini. Target kami bermain baik. Pada saat yang bersamaan, kami ingin lolos ke semifinal," kata Mohd Razip pada Borneo Bulletin.

Siap Tempur Lawan Malaysia

Walaupun target bukan menjadi juara, tentu saja timnas U-19 tetap akan menampilkan penampilan terbaiknya di HBT 2014. Ujian akhir sebelum Piala Asia ini harus digunakan sebaik mungkin.

Formasi utama timnas U-19 pun sepertinya akan langsung diturunkan Indra pada laga perdana melawan Malaysia. Tiga poin sangat penting direbut untuk membentuk mental pemain.

Ravi Murdianto hampir pasti menjadi kiper utama melawan Malaysia nanti. Lalu empat bek akan diisi oleh M. Faturochman, Putu Gede Juni Antara, Hansamu Yama, dan Sahrul Kurniawan.

Pada lini tengah sepertinya Paulo Sitanggang, Muhammad Hargianto, dan Evan Dimas akan langsung tampil bersamaan. Sedangkan sektor penyerang bakal dipercayakan pada Ilham Udin Armayin, Maldini Pali, dan Muchlis Hadi Ning Syaifulloh.

"Tidak ada masalah, anak-anak dalam kondisi baik dan siap main besok. Kita jadikan pertandingan nanti bagian dari TC, sehingga harus ada peningkatan sisi teknis dan non-teknis," terang Indra dalam rilis yang diterima VIVAbola, Kamis 7 Agustus 2014.

"Seiring perjalanan waktu TC menuju puncak di Piala AFC Oktober nanti, kami harus ada peningkatan. Tim HPU BTN juga sudah mendapat analisa lawan-lawan kami di HBT," ujar dia.[viva]