Monday, August 11, 2014

HBT 2014: Tuan Rumah Brunei Jadi Ujian Kedua Timnas U-19

Timnas U-19 - Goal
Seputar Timnas - Timnas Indonesia U-19 akan melakoni laga kedua penyisihan Hasanah Bolkiah Trofi (HBT) melawan tuan rumah, Brunei Darussalam di Hasanah Bolkiah National Stadium, Begawan, Senin 11 Agustus 2014.

Skuad besutan Indra Sjafri harus meraih kemenangan di laga ini demi menjaga peluang lolos dari penyisihan grup. Untuk sementara timnas U-19 berada di posisi tiga setelah bermain imbang melawan Malaysia 0-0 di laga pertama.

Indonesia sendiri diprediksi akan mudah menundukkan Brunei. Pasalnya, tim berjuluk Tebuan (Laskar Tawon) ini tidak terlalu tampil bagus. Terbukti di laga pertama HBT mereka digasak Kamboja dengan skor tipis 0-1. 

Untuk menang atas Brunei, syaratnya timnas u-19 tidak boleh 'telat panas' lagi seperti yang ditampilkan di laga pertama melawan Malaysia. Sebab, kondisi ini sedikit banyak mempengaruhi daya gedor lini depan tim.

"Anak-anak tidak langsung top di babak pertama. Sama dengan saat memulai laga perdana di Timur Tengah ketika lawan Oman. Itu yang jadi fokus kami. Mengapa masih terjadi di setiap laga perdana," katanya usai melawan Malaysia Jumat lalu.

Dan Indra berharap skuadnya mampu tampil lebih baik di laga kedua melawan Brunei. Sebab hasil di ajang ini, akan menjadi acuan saat tampil di Piala AFC U-19 pada Oktober mendatang yang hanya akan melakoni tiga laga penyisihan.

"Ini tidak boleh terjadi lagi karena pada Oktober nanti di AFC U-19 kami hanya akan memainkan tiga laga penyisihan grup. Ini kondisi yang harus kami perbaiki," lanjutnya.

Sementara itu, Brunei sendiri akan menjadikan laga kontra Indonesia sebagai pembalasan atas hasil mengecewakan yang mereka raih di laga pertama. Ambisi besar Brunei ini dinilai bisa menyulitkan perlawanan Indonesia.

"Apa yang harus kami lakukan sekarang adalah melihat ke depan dan bersiap melawan Indonesia di laga nanti. Kami kan menampilkan kemampuan terbaik kami," kata manajer Brunei, Feisal Eusoff. 

Apalagi Brunei juga tentu tidak ingin kiprah mereka di HBT 2014 tercoreng jika kembali menelan kekalahan. Mengingat Brunei saat ini berstatus juara bertahan saat memenangkan HBT terakhir pada 2012 lalu.

Tidak Gentar Namun Tak Incar Gelar
Meski berusaha tampil serius, namun sejak jauh-jauh hari, Indra mengatakan timnya tak mengincar gelar juara di ajang ini. Evan Dimas Darmono dan kawan kawan hanya ingin menimba pengalaman di turnamen tersebut.

"Semua pemain saya berusia di bawah 19 tahun dan target saya adalah Piala AFC (Piala Asia). Mereka (pemain) sudah berlatih sejak sebelum (Piala) AFF. Turnamen ini hanya untuk pengalaman dan kami tak punya target."

Indonesia sendiri punya catatan gemilang di turnamen ini. Tim Merah Putih menjadi yang terbaik di edisi perdana, 2002 silam. Pada pagelaran terakhir, Indonesia menjadi runner up setelah kalah 0-2 dari Brunei di laga final.

Turnamen HBT sejatinya diikuti oleh timnas kategori usia under 21 atau U-21. Sudah pasti, lawan-lawan yang akan dihadapi Evan Dimas cs lebih senior. Tapi itu tidak membuat gentar timnas U-19.

"Kami tidak takut. Sudah hampir 20 kali melawan pemain yang lebih senior di Tur Nusantara. Jadi, apa yang harus ditakutkan? Lebih gila tim di Indonesia karena mereka sangat ingin kami kalah." 

Keikutsertaan Evan Dimas Cs di Hassanal Bokiah Trofi pada 9 hingga 23 Agustus 2014 ini merupakan pengganti setelah mereka gagal mengikuti turnamen COTIF di Valencia, Spanyol.

Di turnamen HBT, Indonesia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Kamboja, Brunei Darussalam, Singapura, dan Malaysia. Vietnam kabarnya akan mengirimkan timnas U-19 untuk menghadapi turnamen itu.

"Bagus itu. Jika Vietnam menurunkan timnas U-19 mereka, akan sangat bermanfaat. Mereka akan tampil di Piala Asia, sama dengan kami. Tentunya kami juga punya keuntungan yang kami dapatkan jika mereka juga menurunkan timnas U-19," jelas pria 51 tahun itu.[viva]