Saturday, August 9, 2014

HBT 2014 Sebagai Pemanasan Timnas U19 Sebelum ke Piala Asia

Indra Sjafri - Tribun
Seputar Timnas - Indra Sjafri selaku pelatih Timnas Indonesia U19 sekali menegaskan bahwa ia tidak mengusung target apapun di Hassanal Bolkiah Trophy (HBT) 2014 yang saat ini digelar di Brunei Darussalam. Timnas U19 hanya menjadikan turnamen itu sebagai pemanasan sebelum berlaga di putaran final Piala Asia U19 2014 di Myanmar nanti.

Menurut Indra Sjafri, skuat Timnas Indonesia U19 bisa memperoleh banyak keuntungan dengan tampil di Hassanal Bolkiah Trophy 2014. Selain menambah pengalaman dan mengasah mental, tim Garuda Jaya juga akan semakin kompak dan solid.

Turnamen ini (HBT 2014) punya tujuan yang bermanfaat. Para pemain nantinya tidak hanya mendapat pengalaman bertanding, tapi juga secara kualitas permainan bisa semakin baik,” ujar Indra Sjafri belum lama ini.

“Paling tidak, mereka bisa belajar dari lawan-lawan yang dihadapi dan menemukan cara untuk mencari solusi dalam kinerja tim,” lanjutnya.

“Saya garis bawahi lagi, target kita di sini adalah untuk mempersiapkan tim menuju Piala Asia. Namun, tim pelatih akan berpikir untuk mencari strategi dan melakukan simulasi selama di sini,” papar sang pelatih.

Indra Sjafri menilai Evan Dimas dan kawan-kawan masih memiliki banyak kelemahan. Terbukti setelah Indonesia hanya mampu bermain imbang 0-0 di laga perdana HBT Cup 2014 melawan Malaysia kemarin.

“Ajang uji coba kok bicara juara. Tujuan kita adalah juara di Piala Asia mendatang. Konteks kita di HBT 2014 ini adalah sebagai persiapan Piala Asia U19 2014,” tegas Indra Sjafri sekali lagi.

“HBT 2014 akan menjadi ajang seleksi pemain. Kami akan memilih komposisi terbaik yang nantinya tampil di Piala Asia U19,” pungkas pelatih asal Sumatera Barat ini.[sidomi]