Wednesday, August 13, 2014

HBT 2014: Kembali Kalah, Timnas U-19 Mustahil Lolos ke Semifinal

Timnas U-19 - Kompas
Seputar Timnas - Tim nasional Indonesia U-19 menelan kekalahan kedua di ajang Hassanal Bolkiah Trophy, yang sejatinya untuk tim di bawah usia 21 tahun. Melawan Vietnam dalam laga di Hassanal Bolkiah National Stadium, Bandar Seri Begawan, Rabu (13/8/2014), Evan Dimas dan kawan-kawan menyerah 1-3.

Ini adalah kekalahan pasukan Garuda Jaya dalam turnamen tersebut karena sebelumnya mereka juga menyerah dengan skor serupa ketika berjumpa tuan rumah, Brunei Darussalam, Senin (11/8). Di laga perdana, Jumat (8/8), tim besutan Indra Sjafri ini bermain imbang 0-0 melawan Malaysia.

Dengan kekalahan ini, Indonesia yang tergabung di Grup B turnamen tersebut, mustahil lolos ke semifinal. Tim yang dipersiapkan menuju putaran final Piala AFC U-19 di Myanmar pada 9-23 Oktober mendatang, untuk sementara menempati peringkat kelima dari enam tim yang tergabung di grup tersebut karena baru mengumpulkan satu poin dari tiga laga yang sudah dimainkan.

Sedangkan bagi Vietnam, tiga poin dari laga ini membuat mereka memuncaki klasemen sementara dengan raihan enam poin. Vietnam unggul selisih gol atas Kamboja, yang baru akan bermain melawan Malaysia.

Indonesia, yang berstatus juara Piala AFF U-19 tahun lalu, masih menyisakan dua pertandingan. Mereka akan bertemu Kamboja pada 16 Agustus, sebelum menghadapi juru kunci, Singapura, pada 18 Agustus.

Melihat kondisi yang ada, Evan Dimas dkk tak bisa lolos ke semifinal karena Indonesia hanya bisa meraih maksimal tujuh poin. Tampaknya peluang lolos hanya dimiliki oleh Vietnam, Kamboja, Malaysia dan Brunei.

Hari ini, Malaysia dan Kamboja akan saling membunuh, begitu juga dengan Brunei dan Singapura - dua pertandingan tersebut akan berlangsung pada pukul 20.15 waktu setempat. Hasil laga tersebut akan sangat menentukan nasib mereka untuk lolos ke babak empat besar.

Jika Kamboja meraih poin penuh, maka mereka dipastikan mendapatkan satu tiket ke semifinal, sehingga menyisakan satu tiket untuk diperebutkan. Begitu juga dengan Brunei, bila kembali meraih poin penuh atas Singapura, yang belum mendapatkan poin, maka persaingan di papan atas Grup B kian seru.[kompas]

Klasemen sementara Grup B

                     Main    Menang    Seri    Kalah              Poin
Vietnam            3           2           0          1       7-3     6
Kamboja           2            2          0           0      4-1     6
Malaysia           2            1          1           0      2-0      4
Brunei               2           1           0          1      3-2      3
Indonesia          3           0           1          2      2-6      1
Singapura          2           0          0          2       1-7      0