Saturday, August 16, 2014

Dipermalukan Kamboja, Timnas U-19 Tersingkir dari HBT 2014

Timnas U-19 - IST
Seputar Timnas - Timnas U-19 Indonesia dipastikan tersingkir dari Hassanal Bolkiah Trophy (HBT) 2014, usai dikalahkan Kamboja U-21 dengan skor 1-2. Hingga kini, Garuda Jaya sudah telah menelan tiga kekalahan dan satu imbang di ajang tersebut.

Pada laga yang dihelat di Hassanal Bolkiah National Stadium, Sabtu 16 Agustus 2014 sore WIB tersebut, Indonesia dan Kamboja saling menekan sejak awal. Kedua tim memperagakan permainan cepat dan menciptakan peluang demi peluang.

Memasuki menit 22, Indonesia tertinggal lebih dulu. Mendapat umpan dari sebelah kiri pertahanan Indonesia, Sok Novan, yang tak mendapat pengawalan di dalam kotak penalti, menanduk bola hingga bersarang di gawang. Skor sementara 1-0 untuk Kamboja.

Usaha-usaha pasukan Indra sjafri akhirnya membuahkan hasil pada menit 34, lewat aksi Dimas Drajad. Namun, Kamboja kembali unggul lewat gol Kouch Sokumpheak satu menit jelang turun minum.
Memasuki paruh kedua, Indonesia dan Kamboja tampak lebih berhati-hati dalam melakukan serangan. Intensitas permainan pun mulai menurun. Namun, semangat Evan Dimas dan kawan-kawan untuk menciptakan gol penyama kedudukan belum juga surut.

Pada menit 55, peluang didapat Hargianto, yang menusuk ke dalam kotak penalti Kamboja melalui sisi kiri. Sayang, bola hasil sepakannya masih menyamping dari gawang Kamboja. Padahal, kiper Um Vichet sudah meninggalkan gawang.

Selanjutnya, Indra Sjafri mencoba menggunakan dua striker dengan memasukkan Muchlis Hadi Ning menggantikan Ilham Udin. Kendati demikian, pasukan Garuda Jaya masih kerap menemui jalan buntu saat menusuk ke daerah pertahanan Kamboja.

Memasuki menit 74, Hargianto kembali mengancam, kali ini lewat sepakan jarak jauhnya, namun masih melebar. Sedangkan pada injury time, Muchlis Hadi Ning yang gagal memanfaatkan peluang, setelah bola sundulannya melebar tipis di samping gawang. Hingga wasit mengakhiri laga skor akhir 2-1 untuk Kamboja.

Kekalahan tersebut memastikan Indonesia tersingkir dari HBT 2014, setelah hanya mengumpulkan satu poin dari empat laga yang telah dilakoni. Sebelumnya, mereka meraih satu kali imbang dan dua kali kalah.[viva]

Susunan pemain
Indonesia: Awan Setho (GK), Putu Gede, Hansamu Yama, Ryuji Utomo (Ichsan Kurniawan 84'), Fatchu Rochman, Evan Dimas (C),Hargianto, Paulo Sitanggang, Dimas Drajad, Maldini Pali, Ilham Udin (Muchlis Hadi 68')

Kamboja: Um Vichet (GK), Sam Ouen Pidor, Sok Novan, Moul Daravorn, Prak Mony Udom; Kouch Sokumpheak (C), Chan Vathanaka, Rous Samouen, Sos Suhana, Nub Tola, Hoy Phallin.