Saturday, July 26, 2014

Timnas U-19 Batal ke Spanyol, Ini Kata Indra Sjafri

Timnas U-19 - IST
Seputar Timnas -  Tim nasional (timnas) U-19 batal mengikuti turnamen internasional COTIF di Valencia, Spanyol. PSSI lebih memilih mengirimkan skuat Garuda Jaya ke Brunei Darussalam dalam ajang Hassanal Bolkiah Trophy (HBT) 2014 pada 9-23 Agustus. 

Pelatih timnas U-19 Indra Sjafri belum mengetahui secara detail alasan PSSI membatalkan keikusertaan anak-anak asuhnya di turnamen COTIF dan memilih turnamen HBT. 

"Rencana memang sudah dikoordinasikan. Tapi saya belum tahu pertimbangannya seperti apa karena belum bertemu lagi dengan PSSI dan Badan Tim Nasional," kata Indra kepada Republika di Jakarta, Kamis (24/7). 

Seperti diketahui, perubahan program ini diputuskan setelah PSSI menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco) di Jakarta, Rabu (23/7). 

PSSI berpendapat turnamen HBT yang hanya mempertandingkan tim nasional  lebih bermanfaat ketimbang turnamen COTIF yang meskipun diikuti tim-tim besar dunia seperti Argentina U-20, Barcelona U-20 dan Valencia U-20. 

"Kalau memang kualitas lawan di Brunei lebih bagus, berarti memang lebih bermanfaat kita ke Brunei," Indra menambahkan. 

Indra belum lama ini juga mengaku mendengar informasi bahwa para peserta yang mengikuti turnamen COTIF banyak yang mengirim tim pelapis. "Contohnya Argentina U-20. Bukan tim utama seperti yang saya harapkan," ujarnya. 

Di turnamen HBT, timnas U-19 tergabung di Grup B bersama tuan rumah Brunei, Kamboja, Malaysia, Singapura, dan Vietnam. Sementara Grup A dihuni Laos, Myanmar, Filipina, Timor Leste, dan Thailand.[republika]