Friday, July 18, 2014

PSSI: Uji Coba Timnas U-23 di Italia Bukan TC Terakhir

Joko Driyono - Liga
Seputar Timnas - Tur di Italia bukan menjadi uji coba terakhir bagi timnas U-23 sebelum tampil di Asian Games 2014. Menurut Sekjen PSSI Joko Driyono, pasukan Aji Santoso masih memiliki waktu satu kali training camp (TC) guna menggelar laga uji coba internasional.

Pihaknya sudah menentukan jadwal yang tepat, yakni dua pekan sebelum pelaksanaan Asian Games atau awal September. "Masih ada slot waktu di September awal dan kami ingin timnas U-23 memanfaatkan periode waktu 6-10 September untuk uji coba. Apalagi, saat itu dihitung masuk kalender FIFA," kata Sekjen PSSI Joko Driyono.

Saat ini, pasukan Garuda Muda tengah menjalani Tur Italia. Mereka akan latih tanding dengan tiga tim Serie A, yaitu AS Roma (18 Juli), Lazio (20 Juli) dan Cagliari (23 Juli). Selepas dari Negeri Pizza, TC diliburkan dan para pemain dikembalikan ke klub masing-masing untuk berkiprah di kompetisi Indonesia Super League (ISL).

Waktu persiapan timnas U-23 menuju Asian Games cukup sempit karena pemusatan latihan akan kembali digelar pada 6 September mendatang. Padahal, Asian Games sudah dimulai pada 19 September - 4 Oktober dan skuat Merah Putih ditarget bisa lolos babak penyisihan.

Menanggapi mepetnya jadwal TC, Joko meminta semua pihak tak perlu merisaukannya. Menurut pria yang juga CEO PT Liga Indonesia ini, PSSI dan Badan Tim Nasional (BTN) akan memfasilitasi keinginan pelatih Aji Santoso.

"Pelatih punya keinginan timnas U-23 bisa latih tanding di Korea Selatan. Kami menyambut baik rencana itu dan siap memfasilitasinya. Mereka memang perlu bermain ke Korea untuk penyesuaian," jelasnya.

Di sisi lain,  Pelatih AS Roma Rudi Garcia memastikan bakal menurunkan tim utama kala beruji coba lawan timnas Indonesia U-23 di Stadion Centro d’Italia, Rieti, Jumat (18/7) malam. Namun, pihaknya juga memasukkan sejumlah pemain muda yang dimiliki.

"Yang pasti saya akan menurunkan tim pertama saya. Mungkin ada beberapa pemain muda yang bisa saya mainkan dan satu sampai dua pemain yang baru kami beli," kata Rudi Garcia melalui rilis Nine Sport, promotor timnas U-23.[suaramerdeka]