Thursday, July 24, 2014

Pilih Brunei, Timnas U-19 Batal Ikut Turnamen di Spanyol

Timnas U-19 - Bolanet
Seputar Timnas - Rencana Tim Nasional Indonesia U-19 untuk menjajal kemampuan di Spanyol akhirnya batal terwujud. Setelah melalui rapat Komite Eksekutif, Rabu 23 Juli 2014, Garuda Jaya akan tampil di turnamen yang lain.

Pasukan Indra Sjafri akan bertolak ke Brunei Darussalam untuk mengikuti Hassanal Bolkiah Trophy (HBT). Turnamen ini akan digelar 9 hingga 23 Agustus mendatang. 

Sebelumnya, Timnas U-19 dijadwalkan tampil dalam turnamen Cotif di Valencia, Spanyol, 10-20 Agustus 2014. PSSI sendiri tetap mengirimkan wakilnya ke turnamen tersebut, yaitu Timnas U-21.

Ada beberapa faktor yang dipertimbangkan PSSI sehingga menerima perubahan program Timnas U-19 yang telah disusun BTN. Salah satunya adalah banyaknya dorongan dari beberapa pihak agar Indonesia mengirimkan tim ke turnamen HBT.

"Memang undangan Hassanal Bolkiah datang setelah jauh-jauh hari kami merancang Cotif. Kemudian, ada dorongan dari negara-negara sahabat, AFF, AFC dan KBRI di sana untuk Indonesia berpartisipasi," ujar Sekretaris Jenderal PSSI, Djoko Driyono, seusai rapat Komite Eksekutif di Hotel Sultan, Jakarta.

Kemudian, pertimbangan lain adalah status Indonesia sebagai runner-up di HBT tahun 2012. Untuk itu, setelah melalui banyak pertimbangan, PSSI kemudian memutuskan untuk mengirimkan tim ke Brunei.

Kenapa PSSI akhirnya memilih Timnas U-19? Djoko menjelaskan dari sisi teknis, turnamen ini terbilang bagus untuk Evan Dimas Darmono dan kawan kawan dalam mempersiapkan diri jelang Piala Asia.

"Di Hassanal Bolkiah, kita akan bermain seluruhnya melawan negara. Berbeda dengan Cotif yang merupakan campuran negara dan klub," beber Djoko.

Pertimbangan kedua, di Hassanal Bolkiah sudah jelas lawan yang akan dihadapi oleh Timnas U-19. Garuda Jaya akan tampil melawan lima negara di Grup B. Kelima negara itu adalah Brunei, Kamboja, Malaysia, Singapura dan Vietnam.

"Itu juga menjadi pertimbangan pelatih. Sekali pun di Hassanal Bolkiah akan melawan pemain yang usianya lebih tua," kata Djoko.[viva]