Tuesday, July 8, 2014

Indra Sjafri Fokus Pembentukan Kerangka Timnas U-19

Indra Sjafri - Goal
Seputar Timnas - Kemenangan dengan skor tipis 1-0 yang diraih timnas Indonesia U-19 saat melawan Arema Cronus U-21 tak membuat Indra Sjafri kecewa. Menurutnya, fokus tim pelatih bukan pada hasil namun mereka hanya membentuk kerangka tim untuk menghadapi Piala Asia U-19.

Pada laga terakhir, Garuda Jaya- julukan Timnas Indonesia U-19- mengalahkan Arema Cronous U-21 dengan skor 1-0, Stadion Kanjuruhan, Malang, Senin (7/7). Sebiji gol tersebut, dicetak Muhammad Hargianto pada menit ke-57.

"Kami menyambut baik apapun hasil uji coba selama Tur Nusantara. Sebab, target kami adalah di bulan Oktober. Semua itu dituangkan dalam satu bentuk periode persiapan dari U-19 menghadapi Piala Asia U-19, di Myanmar. Kami membagi menjadi tiga tahapan," terang Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri.

"Untuk tahap satu, kami dulu selama dua bulan penuh menjalani latihan fisik tanpa disertai uji coba, di mana kami hanya membentuk, dan meningkatkan kapasitas fisik mereka. Karena ini, menjadi dasar persiapan selanjutnya. Kemudian, kami lakukan tahap kedua, mereka sudah belajar dari yang pertama. Di situ, kami teruskan untuk membentuk kerangka tim untuk kami bawa ke Myanmar nanti," tuturnya.

Tahap ketiga, ditambahkan Indra, yaitu melakoni uji coba yang dilakukan di Indonesia ataupun luar negeri. Indra menjelaskan, banyaknya pertandingan di Indonesia yang dijalani Timnas U-19 bukanlah masalah. Sebab, sangat bermanfaat bagi para pemain.

"Bentuk latihan yang sudah kami persiapkan selama latihan, kami praktekkan di uji coba. Saat menjalani Tur Nusantara, para pemain belajar dengan lawan, tipikal, gaya main, dan motivasi yang berbeda. Kami tata itu, dan kami hadapi itu, termasuk dengan Arema," imbuh Indra.

Selanjutnya, Garuda Jaya akan menghadapi Persis Solo dalam lanjutan Tur Nusantara tahap kedua di Stadion Manahan, Solo, Jumat (11/7).[bolanet]