Friday, July 18, 2014

Di Italia, Skuad Timnas U-23 Puasa Selama 16 Jam

Timnas U-23 saat jalan-jalan di Italia - Ninesport
Seputar Timnas - Bukan hanya membela nama bangsa, tapi Timnas U-23 juga harus berjuang melawan cuaca panas dan berpuasa selama 16 jam di Italia.

Saat ini di Italia memang memasuki musim panas, sehingga waktu siang lebih lama ketimbang waktu malam. Alhasil, pasukan Garuda Muda pun harus menahan haus dan lapar selama 16 jam waktu Italia.

Garuda Muda melakoni Tur Italia dan akan menjalani tiga laga uji coba melawan klub Seri A seperti AS Roma (18 Juli), SS Lazio (20 Juli) dan Cagliari (23 Juli).

Tur Italia merupakan bagian dari persiapan Timnas U-23 sebelum mereka terjun di Asian Games yang akan dihelat di Korea Selatan, September mendatang.

Bek Garuda Muda, Alfin Tuasalamony mengatakan, ujian berat harus dihadapi pemain Timnas U-23 yang bergama Islam dimana Italia saat ini masuk musim panas.

"Tadi saja kami latihan panas sekali, terasa banget kalau sedang berpuasa. Ya pandai-pandai saja mengatur energi. Kalau kuat ya puasa, kalau tidak kuat, ya batal," kata Alfin Tuasalamony, Kamis malam (17/7/2014).

Menurut pemain kelahiran Maluku 21 tahun silam itu, sebenarnya ada jurus jitu biar puasa tidak terasa di negara-negara Eropa termasuk Italia, yakni melakukan aktivitas ringan, seperti jalan-jalan atau hal lainnya.

"Tapi kan kami mau bertanding disini. Intinya ya harus mampu melakukan aktivitas saja, biar tidak terasa puasanya," ujarnya.

Hal yang sama dirasakan oleh kapten Timnas U-23, Dedi Kusnandar. Namun, kata Dedi, minum air putih yang banyak bisa membantu menyegarkan tubuh saat berpuasa.

"Tapi, jangan dipaksakan juga, waktu 16 jam bukan waktu yang sebentar. Kita kan sedang menjadi musafir (melakukan perjalanan jauh), jadi batal tidak masalah, yang penting puasanya diganti di hari lain," tuturnya.[inilah]