Wednesday, July 23, 2014

Calon Lawan Timnas U-19 di Piala AFC Raih Hasil Gemilang

Australia U-19 - IST
Seputar Timnas - Perjuangan Evan Dimas dan kawan-kawan tampaknya tidak akan mudah mengingat calon lawan mereka di fase grup Piala Asia U-19, Australia, mencatat hasil gemilang saat tidak terkalahkan dalam turnamen junior NTC di California, Amerika Serikat, pada pekan kemarin.

Australia U-19 berhasil membungkam Bermuda dengan skor 4-1. Di laga kedua, mereka membekap Chile dengan skor 5-4. Sedangkan dalam laga terakhir, Australia U-19 harus puas bermain imbang dengan skor kacamata melawan tuan rumah Amerika Serikat.

Meski demikian, Australia U-19 tidak berhak menjadi juara mengingat kalah selisih gol dari tuan rumah yang akhirnya keluar sebagai juara.

Hanya mampu berada di tempat kedua di bawah Amerika Serikat tak membuat Pelatih Australia U-19, Paul Okon, merasa kecewa. Pelatih berusia 42 tahun itu dengan tegas menyatakan bahwa dirinya bangga atas pencapaian anak asuhnya saat ini.

Lagi pula, Okon yang pernah bermain untuk sejumlah klub Eropa seperti Lazio, Fiorentina, dan Leeds United itu menagatakan tujuan utama timnya mengikuti turnamen ini tak lain dan tak bukan adalah memberikan pengalaman kepada anak didiknya sebelum berangkat ke Myanmar untuk melakoni Piala AFC U-19 pada Oktober mendatang.

Pelatih kelahiran Sydney itu juga memuji cara bermain timnya dalam turnamen tersebut. Menurutnya, setiap pemain sudah mampu melakukan tugasnya masing-masing dengan baik di lapangan.

Selain itu, Okon juga mengakui bahwa laga melawan AS U-19 menjadi tolak ukur bagi timnya mengingat organisasi permainan tuan rumah dinilai sangat baik dan akan memberikan banyak manfaat bagi anak didiknya.

“Tujuan mengikuti turnamen ini adalah agar kami bisa mendapatkan tiga lawan berkualitas yang membantu persiapan kami menghadapi Piala AFC U-19 pada Oktober mendatang. Ini merupakan hasil yang sangat bagus dan saya tidak bisa lebih bahagia lagi dengan performa tim saat ini," kata Okon dalam laman resmi Federasi Sepakbola Australia (FFA), Selasa (22/7).

“Sekarang kami akan melanjutkan persiapan kami dengan menggelar pemusatan latihan di Sydney dalam kurun waktu dua pekan mendatang,” tambah mantan pemain Australia tersebut.

Di Piala AFC U-19 nanti, Australia tergabung di Grup B bersama Uzbekistan, Uni Emirat Arab, dan Indonesia.[republika]