Sunday, July 13, 2014

Alfred Riedl Fokus Covering-Transisi

Alfred Rield - IST
Seputar Timnas - Timnas senior proyeksi Piala AFF 2014 akhirnya meninggalkan Indonesia menuju ke Timur Tengah, tadi malam. Mereka langsung menuju Doha, Qatar, untuk menjalani laga uji coba melawan timnas Qatar pada Senin besok (14/7).
   
Meski berangkat tadi malam, kemarin (12/7) sore timnas sempat melakoni latihan terakhir di lapangan SPH, Karawaci, Tangerang. Dalam sesi latihan tersebut, terlihat sesi game dengan memanfaatkan satu lapangan penuh dijalani oleh Firman Utina dkk.

Seusai latihan, pelatih Alfred Riedl menyebut materi yang diberikan itu merupakan akumulasi persiapan akhir pemainnya.

"Kami latihan game penuh satu lapangan. Penekanan pada covering, transisi, kekuatan permainan tim untuk dicoba lawan Qatar," katanya.

Dalam sesi latihan terlihat Alfred mulai mengasah transisi dari pemain-pemainnya. Jika sebelumnya hanya setengah lapangan, kali ini pemain dibagi dalam dua tim dan dimatangkan posisi dan respon saat memegang bola dan kehilangan bola.

Menurut pelatih asal Austria tersebut, latihan ini berguna untuk mengukur kecepatan transisi pemainnya dari bertahan ke menyerang atau juga sebaliknya. Meski belum sempurna, Riedl menyebut progress dan pemahaman pemain terhadap strategi yang diinginkannya berjalan dengan baik.

Selain transisi, Firman dkk juga diasah finishing dari bola mati maupun open play. Setiap terjadi pelanggaran di depan kotak penalti, game distop untuk kemudian Riedl memberikan instruksi mengenai variasi cara dan posisi pemain saat menghadapi situasi bola mati. Bukan hanya menendang langsung ke arah gawang, tapi juga mencari peluang dengan cara set piece kepada rekan-rekannya.

"Trans isi sudah bagus, tapi saya ingin pemain bisa cepat mengisi posisi temannya yang kosong. Coveringnya bisa saat bertahan," tuturnya.

Di sisi lain, salah satu pemain, Dedi Hartono terlihat tak menjalani latihan dengan penuh kemarin. Pemain Barito Putera itu menurut sang pelatih sempat menderita demam sehingga tak berlatih pada Jumat (11/7) lalu.

"Dia sempat demam. Sekarang sudah baik, sudah mulai latihan lagi. Nanti di Qatar sepertinya sudah sembuh dan bisa kami coba," ucap pelatih yang sempat dipecat PSSI pada 2011 silam tersebut.[jawapos]