Monday, July 21, 2014

Aji Santoso Puas Timnas U-23 Mampu Menekan Lazio

Aji Santoso - Twitter
Seputar Timnas - Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Aji Santoso menilai permainan tim asuhannya mulai menunjukkan grafik menanjak.  Aji melihat progress itu di pertandingan kontra Lazio dalam rangkaian tur di Italia, Minggu (20/7/2014) di  Cadore Belluno.

Di pertandingan kedua itu,  Timnas U-23 menelan kekalahan dengan skor 0-2. Menurut Aji, permainan Timnas U-23 mulai memiliki kepercayaan diri menghadapi tim yang memiliki kekuatan setingkat di atas mereka. Berbeda seperti di pertandingan pertama di mana Timnas U-23 canggung menghadapi tim lapis pertama AS Roma.

AS Roma merotasi hingga tiga kali dengan mengganti semua pemain selama 2x45 menit. Sedangkan Lazio pada babak kedua, mengganti semua pemain di babak pertama. Lazio sendiri tampil dengan kekuatan terbaiknya, dengan menurunkan pemain seperti Christian Ledesma dan Stefano Mauri.

"Pemain kali ini tidak silau dengan nama besar pemain lawan. Mereka lebih bisa menikmati pertandingan dibanding sebelumnya. Itu bisa dilihat dari cara bermain mereka yang menampilkan bola-bola pendek dengan satu-dua sentuhan," ujar Aji melalui rilis Badan Tim Nasional pada wartawan.

"Mereka berani memberi tekanan di daerah pertahanan lawan. Ini menjadi hal positif. Semua lawan di laga uji coba di Italia, dua level di atas kami," sambung pelatih asal Malang itu.

Meski puas tim asuhannya mulai menunjukkan perkembangan signifikan, Aji masih memiliki pekerjaan rumah. Sentuhan akhir pemain masih menjadi masalah. Kekurangan ini terlihat saat menghadapi Lazio. Sejumlah peluang emas yang diciptakan pemain gagal dikonversikan menjadi gol. "Tapi bagaimana pun, saya menilai ada peningkatan. Ini membuat tim pelatih puas," kata Aji.

"Uji coba di Italia ini kami manfaatkan betul untuk mengambil pelajaran dan evaluasi atas peningkatan performa pemain dari semua aspek. Lawan memang berat, apalagi mereka memainkan lebih dari satu tim setiap match," ungkapnya.[liputan6]