Saturday, June 21, 2014

Timnas U-23 Masih Cari Lawan Tanding

Timnas U-23 - IST
Seputar Timnas - Tim nasional sepak bola usia di bawah 23 tahun (timnas U-23) akan mengadakan laga uji coba di Stadion Manahan Solo pada 22 Juni 2014. Namun tim asuhan pelatih Aji Santoso tersebut kesulitan mendapatkan lawan untuk uji coba.

Sebelumnya timnas U-23 dijadwalkan akan menghadapi tim Irak U-23. Namun, dalam hitungan hari, rencana itu buyar. Menurut Ketua Panitia Lokal Solo Paulus Haryoto, gagalnya pertemuan tim Garuda Muda dengan Irak disebabkan faktor keamanan.

“Situasi keamanan di Irak sedang tidak stabil, sehingga tidak memungkinkan bagi pemain Irak datang ke Indonesia untuk pertandingan uji coba melawan timnas U-23,” katanya, Jumat, 20 Juni 2014. 

Penyebab lainnya, tim dari negara berjuluk Seribu Satu Malam tersebut tidak siap menghadapi Indonesia. “Sehingga akhirnya batal,” ucapnya.

Tak menunggu lama, Badan Tim Nasional segera mencari tim pengganti. Paulus mengatakan tim Oman U-23 sempat dibidik untuk menjadi lawan latih tanding tim Indonesia di Stadion Manahan. “Mereka (Oman) menyatakan setuju melawan Indonesia,” katanya.

Namun, karena kendala transportasi dari Oman ke Indonesia dalam waktu mendadak, rencana itu lantas batal. Kemudian alternatif lainnya, tim Indonesia U-23 akan melawan Republik Guyana. “Mereka menyatakan setuju dan sanggup menghadapi Indonesia pada 22 Juni nanti,” ujarnya.

Dia mengatakan, hingga Kamis siang, 19 Juni 2014, tim Guyana U-23 masih menyatakan kesanggupannya datang ke Solo dan bermain melawan Indonesia di Stadion Manahan. 

Wakil Ketua Panitia Pelaksana Lokal Solo Heri Isranto mengatakan pihaknya sudah mendapat izin penyelenggaraan pertandingan meski lawannya sudah tiga kali berganti. “Kami sudah dapat izin meski ada perubahan tim yang bertanding,” katanya.

Panitia lokal mencetak 22.200 tiket untuk pertandingan uji coba tersebut. Tiket terdiri dari empat jenis, yaitu belakang gawang Rp 20 ribu, tribun timur Rp 30 ribu, tribun barat Rp 50 ribu, dan VVIP Rp 100 ribu. 

Dia optimistis masyarakat Solo akan berbondong-bondong menyaksikan timnas U-23 berlaga. Sebab, masyarakat Solo termasuk pencinta sepak bola. “Apalagi yang bertanding timnas. Kami yakin stadion akan penuh,” ucapnya.[tempo]