Friday, June 6, 2014

Sriwijaya FC Sisakan Syakir Sulaiman di Timnas

Syakir Sulaiman - IST

Seputar Timnas - Badan Tim Nasional (BTN) Indonesia sudah merilis nama-nama pemain yang akan tergabung dalam pemusatan latihan bersama skuad Timnas Senior maupun U-23. 

Namun dari total 24 pemain senior dan 23 pemain U-23 itu, hanya Syakir Sulaiman (Timnas U-23) yang dipanggil kembali sedangkan Rizky Dwi Ramadana (Timnas U-23) dan Asri Akbar (Timnas Senior) harus terdepak.

Seperti dikutip PT Liga Indonesia, klub yang paling banyak menyumbangkan pemainnya adalah Persebaya Surababaya yakni 7 pemain. Diikuti Persib Bandung dan Arema Indonesia yang menyumbangkan masing-masing 6 pemain terbaiknya. 

Kemudian, klub juara ISL musim lalu, Persipura Jayapura yang mengirimkan 5 pemain, Mitra Kukar 4 pemain, Putra Samarinda 3 pemain dan pemain tersisa dari beberapa klub lain.

“Ini sudah keputusan BTN dan kita tentu harus menerimanya, meski kita anggap banyak pemain SFC yang sebenarnya layak masuk skuad timnas,” kata Manajer Tim SFC, Robert Heri, Rabu (4/6/2014).

Dikatakan, perihal pemanggilan pemain ke timnas ini tidak hanya ditentukan dengan kualitas sang pemain itu sendiri, tapi juga ditentukan dari selera pelatih masing-masing. 

Baginya, Asri Akbar sendiri yang tidak dipanggil lagi dalam skuad Timnas Senior, secara kualitas tentu tidak kalah dibandingkan pemain lain. Hal itu mampu dia buktikan saat bermain untuk Laskar Wong Kito, peran Asri sejauh ini tidak tergantikan bahkan produktifitas golnya juga cukup baik (tiga gol).

“Jadi semuanya balik lagi ke selera masing-masing pelatih, meski tidak dipunggiri jika kualitas pemain juga turut diukur. Untuk itu kita tetap berharap kehadiran Syakir di Timnas U-23 juga dapat memotivasi pemain (SFC) lainnya agar berjuang ekstra keras lagi untuk dapat menembus skuad timnas,” ucap Komisari PT BA itu.

Rencananya, Timnas Senior ini akan menjalani TC dengan berhomebase di Sidoarjo dan Malang, Jawa Timur, sejak 12 Juni hingga 26 Juni. Sementara Timnas U-23 akan berhomebase di Jogja dan Solo, sejak 15 Juni hingga 23 Juni.

Tiga laga uji coba direncanakan akan dihadapi Timnas Senior dan dua laga dijadwalkan untuk Timnas U-23. Negara lawan masih menunggu kepastian dari federasi. Dalam minggu ini akan diumumkan ke publik. Begitu pula dengan stadion dan tanggal pertandingan akan disampaikan kemudian.[tribun]