Saturday, June 21, 2014

Kurniawan Dwi Yulianto: Timnas U19 Jangan Main di Liga Indonesia

Kurniawan Dwi Julianto - Sportsatu
Seputar Timnas - Timnas Indonesia U19 saat ini menjadi tumpuan masyarakat pecinta sepakbola nasional untuk mengukir prestasi di level internasional yang sudah lama didambakan. Oleh karena itu, para pemain Timnas U19 disarankan jangan merumput di Liga Indonesia. Hal tersebut diungkapkan oleh mantan striker andalan Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto.

Menurut salah satu legenda hidup sepakbola nasional ini, Evan Dimas Darmono dan kawan-kawan seharusnya bermain di kompetisi yang levelnya lebih tinggi. Kurniawan Dwi Yulianto teramat menyayangkan apabila anak-anak Garuda Jaya pada akhirnya berkiprah di kompetisi domestik.

“Sangat disayangkan kalau para pemain Timnas U19 nantinya akan bermain di Liga Indonesia. Bukannya bermaksud mengecilkan kompetisi dalam negeri, tapi menurut saya alangkah lebih baik mereka bisa main di level lebih tinggi,” ujar Kurniawan Dwi Yulianto di Jakarta belum lama ini.

Kurniawan Dwi Yulianto sendiri sempat merasakan merumput di luar negeri. Tidak tanggung-tanggung, pemain yang akrab disapa si Kurus ini memperoleh kesempatan bergabung dengan tim peserta Liga Italia Serie A, Sampdoria, saat usianya baru menginjak 20 tahun.

Timnas U19 sendiri memang diharapkan bisa menjadi tulang punggung Timnas Indonesia senior di masa mendatang. Mantan Menpora, Adhyaksa Dault, meyakini bahwa kunci kesuksesan yang diraih Timnas U19 saat ini adalah ada pada sosok pelatihnya, yakni Indra Sjafri.

Apabila Indra Sjafri tetap diberi kepercayaan untuk membimbing para pemain tim Garuda Jaya saat ini hingga beberapa tahun ke depan, lanjut Adhyaksa Dault, maka lolos ke Piala Dunia bagi Indonesia bukan lagi menjadi mimpi.

”Jika Indra Sjafri diberi kewenangan sampai 2018 untuk terus membina, mencari, dan memilih sendiri bibit timnas muda, tidak dibebani titipan, dan mendidik mereka sejak dini, saya yakin Timnas Indonesia bisa masuk Piala Dunia 2018,” ungkap Adhyaksa Dault beberapa waktu lalu.[sidomi]