Saturday, June 14, 2014

Ini Kabar Terbaru Uji Coba Timnas Senior

Timnas Senior - IST
Seputar Timnas -  Lawan Timnas senior di tiga laga uji coba pada Juni ini dipastikan berubah. Laos, Maladewa, dan Luksemburg atau Moldova, dipastikan batal dan sementara digantikan oleh Palestina, Pakistan, dan Rwanda. 

Meski ada perubahan, Sekretaris Badan Tim Nasional (BTN) Sefdin Syaifudin mengaku belum bisa memberikan kepastian laga itu terlaksana. Sebab, sejauh ini, dia belum memegang surat resmi “Sampai saat ini, kami belum pegang dokumen dan surat soal kepastian uji coba ini, paling lama Senin (16/6). Jadi belum bisa dipastikan. Kami tinggal tunggu surat dari federasi,” terangnya di kantor BTN, kemarin (13/6).

Mengapa tiga negara itu membatalkan? Apakah ada kaitannya dengan venue yang dipilih dari Jatim, sehingga perlu penerbangan tambahan dari Jakarta? Sefdin menampiknya. Dia menyebut satu alasan, yakni karena tidak tercapai kesepakatan tanggal pertandingan. “Laos, Maladewa, Moldova, tidak bisa ke Indonesia pada tanggal itu. Bukan alasan karena venue di Jawa Timur. Hanya soal tidak bisa ke Indonesia pada tanggal itu saja,” elaknya. 

Sementara itu, untuk jadwal dan venue sejauh ini sudah ditegaskan oleh BTN. Dimana, Palestina akan menjadi lawan pertama pada 18 Juni dan laga dihelat di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Mengenai perizinan, dan pelaksanaan, venue telah siap, PSSI tinggal menunggu surat dari kedutaan besar untuk kepastian keberangkatan lawan.

Kemudian, lawan selanjutnya pada 21 Juni adalah Pakistan. Pertandingan juga akan digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Terakhir, uji coba pada 25 Juni bakal digelar di Malang, melawan tim Afrika, Rwanda. 

Disisi lain, Asisten pelatih Timnas, Widodo C Putro saat dihubungi mengaku sudah mengetahui perihal perubahan itu. Dia menganggap perubahan tidak menjadi masalah berarti karena memang timnya pun masih dalam masa seleksi. Dia menyadari, dengan fase jeda kompetisi karena Piala Dunia seperti saat ini, juga sulit untuk menemukan lawan uji coba. Yang terpenting, 24 pemain yang telah dipanggil ini mendapatkan lawan uji coba terlebih dulu. 

“Ini lawan juga bagus, Palestina saya dengar sempat jadi jauara di turnamen di Filipina. Jadi bisa juga menjadi ukuran, kekuatan Timnas ini. Pakistan juga bagus, yang tewrpenting agenda dan fase persiapan bisa jalan sesuai rencana,’ tandasnya.

Sementara itu, striker Persipura Jayapura Boaz Solossa akhirnya bergabung dengan Timnas Indonesia di Sidoarjo, kemarini. Striker Persipura itu hadir memenuhi panggilan Badan Tim Nasional melalui pelatih Timnas senior Alfred Riedl. 

Meski mengalami cedera hamstring paha kaki kiri depan pemain yang disapa Bochi itu kini telah bergabung dengan pemain lainnya. “Puji Tuhan saya sudah tiba dengan selamat tanpa kurang suatu apapun di Sidoarjo “ ujar Boaz melalui pesan singkat. 

Boaz mengaku akan berusaha keras dalam penyembuhan cederanya itu. Bantuan dari dokter Timnas diharapkannya bisa sangat membantu menyembuhkan cederanya sehingga dia bisa tampil maksimal membela timnas senior diberbagai laga ujicoba yang dijadwalkan. (jawapos)