Thursday, May 22, 2014

Widodo: Tembus Tim Inti Klub Luar Negeri Tak Jaminan Masuk Timnas

Widodo C Putro - IST
Seputar Timnas -  Memperkuat klub mancanegara belum jaminan mendapat tempat di skuad Timnas Indonesia yang akan tampil di Piala AFF 2014. Konsistensi dan jam terbang mereka tampil di kompetisi reguler tetap menjadi pertimbangan utama. 

Hal ini disampaikan Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Widodo C Putro, menanggapi peluang pemain-pemain Indonesia yang merumput di luar negeri. Menurutnya, ada beberapa hal yang juga menjadi batu sandungan bagi mereka. 

"Kewajiban tim pelatih memantau semua pemain yang ada di dalam maupun luar negeri," kata Widodo Kamis, 22 Mei 2014. 

"Hanya saja, masalah utama pemanggilan pemain yang merumput di luar negeri adalah jadwal klub yang berbeda. Selain itu, konsistensi permainan dan apakah mereka main di tim reguler juga jadi pertimbangan," sambung Widodo.

Seperti diketahui, sejumlah pemain Indonesia memilih merumput di luar negeri, musim ini. Di negeri jiran, Malaysia, terdapat setidaknya tiga pemain asal Indonesia. Mulai dari Andik Vermansyah, Patrich Wanggai, hingga Hamka Hamzah. Mereka bahkan sudah berhasil menembus skuad inti dan tampil di kompetisi reguler. 

Salah seorang pemain Indonesia, Arthur Irawan, juga baru saja menjalani debutnya bersama tim La Liga, Malaga. Mantan pemain Espanyol B itu tampil saat Malaga bertemu CD El Palo dalam sebuah laga uji coba di Malaga, Selasa, 20 Mei 2014. Dalam duel ini, Arthur tampil sebagai bek sayap sejak menit ke-60.

Dari Jepang, kabar gembira datang dari Irfan Bachdim. Mantan striker Persema Malang itu akhirnya menjalani debutnya di J-League bersama Ventforet Kofu.   

Widodo menambahkan, sampai saat ini, pihaknya masih terus berburu pemain. Tim pelatih masih memantau perkembangan para pemain dalam beberapa pertandingan ke depan. Itu sebabnya, beberapa muka-muka baru kerap bermunculan dalam setiap sesi pemusatan latihan (TC) yang dijalani timnas. 

"Tidak bisa dalam satu pertandingan saja kami memutuskan bahwa seorang pemain layak masuk Timnas. Kalau di pertandingan sekarang mereka main di tim utama mungkin bisa terlihat kemampuannya. Tapi, bagaimana jika di laga selanjutnya mereka jadi cadangan," ujar Widodo. [viva]