Sunday, May 25, 2014

Widodo: Riedl Akan Coret Pemain Timnas yang Bandel

Alfred Rield - IST
Seputar Timnas - Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl, tampaknya bakal mengambil langkah tegas terhadap para pemain yang kerap berulah di dalam dan luar lapangan. Menurut asistennya, Widodo Cahyono Putro, pria asal Austria tersebut telah memberi batasan jelas soal punggawa yang bakal masuk dalam skuad, yakni para pemain yang memiliki kualitas teknik dan mental seimbang.

Widodo menuturkan, kedisiplinan serta perilaku pemain di dalam dan luar lapangan juga menjadi kriteria utama bagi Riedl dalam menyeleksi pemain. Di sejumlah kesempatan, Riedl juga sudah bertukar pikiran dengan para pemain terkait kriteria, aturan, dan ketentuan saat memperkuat timnas.

"Jelas sekali, pelatih Alfred Riedl butuh pemain yang bagus kualitas teknik dan mentalnya. Dia tidak hanya melihat pemain itu bagus atau tidak kemampuan mengolah bolanya, kepribadian juga jadi aspek penting lain," kata Widodo saat dihubungi, Sabtu 24 Mei 2014.

Dalam sebulan belakangan, terjadi beberapa kasus memalukan yang dilakukan oleh para penggawa Timnas. Mulai dari kiper Arema Cronus, Kurnia Meiga, lalu striker Persib Bandung, Ferdinand Sinaga, serta pemain Mitra Kukar, Diego Michiels.

Kurnia Meiga diduga terlibat aksi provokasi saat timnya bertandang ke markas Semen Padang di laga lanjutan kompetisi ISL. Dia diyakini sengaja mengacungkan jari tengah seolah menandatng suporter tuan rumah.

Perilaku negatif lainnya dipraktikkan Ferdinand Sinaga ketika membela Timnas menghadapi ASEAN All Stars, 11 Mei 2014 lalu, Ferdinand memanjat pagar usai diolok-olok oleh suporter beratribut Persija.

9 hari kemudian, pemain 25 tahun itu kembali berulah. Kali ini, saat membela Persib dalam laga derby melawan Pelita Bandung Raya (PBR). Ferdinand melakukan tindakan provokatif dengan melempar dan menyiram handuk kiper PBR, Dennys Romanovs. Aksi ini akhirnya mendapat perhatian Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. Rencananya, Komdis akan memanggil Ferdinand pekan depan.

Selanjutnya, pemain naturalisasi, Diego Michiels, kembali terlibat dalam kasus penganiayaan. Diego dituding memukuli satpam kompleks perumahan yang dia tinggali di Samarinda. Pada Jumat 23 Mei 2014 malam, status Diego juga sudah ditetapkan sebagai tersangka.

"Usai laga melawan ASEAN All Stars, sebenarnya para pemain sempat mendapatkan arahan terkait perilaku mereka. Sebagai bagian dari Timnas, para pemain harus bisa menjaga diri. Mereka harus bisa menjadi contoh bagi pemain dan publik," ujar Widodo.[viva]