Tuesday, May 20, 2014

VO2Max: Evan Dimas Tertinggi, Martinus Novianto Terendah

Timnas U-19 - LIGA
Seputar Timnas - Timnas U19 yang saat ini menjalani pelatnas di Yogyakarta baru saja menjalani tes untuk mengetahui peningkatan kondisi fisik atau VO2Max. Hasilnya, kapten Timnas Indonesia U19, Evan Dimas, menempati peringkat tertinggi, sedangkan yang terendah Martinus Novianto. Namun, pemain yang masih diseleksi itu telah memperlihatkan peningkatan positif.

“Beberapa peningkatan yang diperoleh adalah kondisi fisik terjaga dan mempunyai kecenderungan meningkat cukup signifikan. VO2Max rata-rata menjadi 58. Yang tertinggi masih Evan Dimas Darmono di angka 64,88,” jelas pelatih Timnas Indonesia U19, Indra Sjafri, Senin (19/5/2014), di Yogyakarta.

“Kami ingin mengetahui perkembangan tim melalui evaluasi. Kami tidak ingin mengetahuinya dari hal-hal yang tidak riil. Karena itu, kami lakukan tes fisik. Hasilnya, peningkatan fisik pemain cukup bagus,” lanjutnya.

“Betul, Martinus Novianto yang paling rendah, yaitu di kisaran 55-56. Tapi dia sudah menunjukkan peningkatan. Semua pemain meningkat hingga 5 digit. Evan Dimas yang awalnya 55,5 sekarang 64,88. Itu menjadi hasil tertinggi,” timpal pelatih fisik tim Garuda Jaya, Nur Saelan.

Evan Dimas sendiri bersyukur dapat meningkatkan kondisi fisiknya. Gelandang muda brilian dan produktif ini berharap di putaran final Piala Asia U19 2014 nanti, ia bisa mencapai puncak performa dengan kondisi fisik yang paling prima.

“Alhamdulilah jika saya menjadi yang tertinggi untuk VO2Max. Ini tentu menjadi modal untuk terus meningkatkan kemampuan diri. Dengan demikian, kondisi saya bisa mencapai puncak pada waktunya,” ujar Evan Dimas.[sidomi]