Tuesday, May 20, 2014

Timnas U-23 Ingin Uji Coba Lawan Tim Asal Eropa

Timnas U-23 - IST
Seputar Timnas -Pemusatan latihan timnas U-23 telah berakhir sejak lima hari lalu. Para pemain sudah dikembalikan ke klub masing-masing selepas uji coba kontra Republik Dominika, 15 Mei.

Selanjutnya, skuad besutan Aji Santoso tersebut bakal melakukan training camp (TC) lagi pada Juni mendatang. Bahkan, dia sudah mengajukan permintaan kepada PSSI dan Badan Tim Nasional (BTN) agar timnya dicarikan lawan uji coba dari Eropa.

Menghadapi tim asal Eropa perlu dilakukan untuk meningkatkan performa tim. Aji ingin skuadnya terus berkembang hingga puncaknya pada ajang Asian Games, September–Oktober mendatang. “Saya berharap timnas U-23 melakukan uji coba lawan tim Eropa. Saya ingin tim ini lebih bak lagi,” kata Aji Santoso.

Sejauh ini, skuad Garuda Muda telah menjalani tiga kali pemusatan latihan. Selama itu pula, pasukan Aji Santoso telah melakukan serangkaian uji coba internasional, antara lain menghadapi Singapura U-23, Srilangka dan timnas senior Republik Dominika. Hasil manis dipetik kala menjamu Dominika karena mampu mengimbangi tim tersebut dengan skor 1-1.

Karena masih menyisakan empat bulan lagi, Aji menginginkan partai persahabatan minimal tujuh kali lagi. “Setidaknya ada tujuh hingga delapan uji coba lagi. Saya ingin memerbaiki semua sektor di tim ini. Saya juga masih mencari pemain terbaik di setiap lini,” ungkapnya.

Sejak TC pertama hingga ketiga, sejumlah pemain yang dipanggil Aji memang berbeda. Dia mengaku masih ingin mencoba beberapa pemain baru melalui pemusatan latihan. Sebab sampai saat ini, dia belum menemukan pemain terbaik seperti yang diinginkan. “Saya akan coba pemain baru sampai ada kerangka tim ini,” ujanya.

Seperti diketahui, timnas U-23 dipersiapkan untuk tampil di event Asian Games di Korea Selatan, 19 september–4 Oktober 2014. Indonesia ditarget bisa lolos babak penyisihan grup. Karenanya, Aji Santoso diberi keleluasaan untuk mencari pemain sesuai kriteria yang diharapkan agar tim yang dibentuk cukup solid.[suaramerdeka]