Tuesday, May 20, 2014

Timnas U-19 Syukuri Uji Coba Terstruktur

Jajaran Pelatih Timnas U-19 - IST
Seputar Timnas - Pelatih Tim Nasional (Timnas) U-19, Indra Sjafri, bersyukur agenda uji coba anak-anak asuhnya tersusun dengan baik. Sejauh ini, menurutnya, lawan-lawan uji tanding Garuda Jaya, julukan Timnas U-19, berstruktur dari segi tingkatan ringan, sedang, dan tinggi.

''Kami bersyukur semua agenda uji coba yang kami susun dengan komposisi lawan ringan, sedang, dan berat dapat dilaksanakan oleh BTN (Badan Tim Nasional). Sehingga kami tim pelatih menjadi lebih tahu kekuatan dan kelemahan tim berdasarkan dari hasil uji coba yang dijalani," ungkap Indra.

Laga pemanasan Timnas U-19 sebelum berlaga di Piala AFC U-19 Myanmar, 9-29 Oktober, diawali dengan menjalani Tur Nusantara. Berhadapan dengan tim-tim lokal, Garuda Jaya tidak terbendung. Dari 13 laga yang dilewati, empat di antaranya berakhir imbang dan tidak sekalipun tersentuh.

Setelah Tur Nusantara selesai, Timnas U-19 mulai dihadapkan dengan musuh-musuh yang levelnya seimbang. Dimulai sari Tur Timur Tengah lawan yang dihadapi adalah dua kali ditantang tuan rumah Oman dan Uni Emirat Arab (UEA). Adapun satu laga sisa kontra klub lokal UEA, Al Shabab. Hasilnya, Garuda Jaya menang tiga kali, imbang sekali, dan satu kali tumbang.

Setelah catatan baik di Tur Timur Tengah, Timnas U-19 benar-benar dapatkan pelajaran penting saat dua kali menjamu Myanmar di Stadion Utama Geloran Bung Karno (SUGBK), Jakarta, 5 dan 7 Mei lalu. Dari dua laga yang dimainkan, satu laga berakhir imbang. Ada pun satu laga lainnya, Garuda Jaya secara mengejutkan ditaklukkan Myanmar U-19.

Setelah dipermalukan Myanmar U-19, Timnas U-19 kembali akan berhadapan dengan lawan setara pada akhir Mei. Diawali dengan menjamu Timnas Yaman U-19, dua kali, yakni pada, Jumat (23/5), dan, Sabtu (25/5), di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta. Timnas Lebanon U-19 juga bersedia menjadi lawan uji coba Timnas U-19. Laga itu rencananya akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo, 28 Mei mendatang.

"Sebelumnya, Lebanon juga sudah memberikan konfirmasi dan akan bertanding dengan Timnas U-19 akhir Mei ini. Sebelum mereka melawat ke Qatar untuk agenda yang sama," tutur Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Joko Driyono.

"Bulan ini (Mei), jadwal international friendly match dengan lawan setara. Setelah itu kami turunkan tensi ke Tur Nusantara tahap kedua. Puncaknya, nanti yang berat di bulan Agustus. Saat kami mengikuti turnamen COTIF di Spanyol. Di situ seluruh bangunan tim ini insya Allah sudah final," timpal Indra.

Pada turnamen COTIF di Spanyol pada Agustus mendatang, bisa dibilang sebagai fase uji coba terberat yang akan dilalui Garuda Jaya. Karena nanti, lawan-lawan yang dihadapi berlavel beberapa tingkat dari Timnas U-19. Seperti Brasil U-20, Spanyol U-20, Argentina U-20. Juga ada Barcelona U-20 dan Valencia U-20 yang juga turut berpartisipasi.[okezone]