Friday, May 30, 2014

Timnas Homeless World Cup Indonesia Bidik Posisi 3 di Chile

Febby Arhemsyah (tengah). Foto: Oris/Okezone
Seputar Timnas - Ajang sepakbola Homeless World Cup (HWC) 2014 akan digelar Oktober mendatang di Santiago, Cile. Jika tidak ada aral melintang, Indonesia akan kembali berlaga pada ajang tahunan tersebut.

Selama ini, jangankan di Piala Dunia, di kancah Piala Asia pun prestasi sepakbola timnas Indonesia tidak terdengar gaungnya. Tapi kondisi berbeda jika Indonesia berlaga pada HWC.

Dari tiga kali keikutsertaannya, Indonesia mampu berbicara lebih dan pulang ke tanah air ke kepala tegak. Pada HWC 2011 di Prancis, Indonesia menempati posisi enam.

Pada HWC 2012 di Meksiko, prestasi Indonesia lebih mentereng yaitu menempati peringkat empat. Dan pada HWC 2013 di Polandia, Indonesia berada pada posisi delapan.

Selain prestasi tim, beberapa pemain Indonesia juga meraih prestasi individu yang cukup mentereng. Bahkan pemain Indonesia pernah ada yang jadi pemain terbaik.

"Target pertama adalah bisa berangkat (ikut HWC di Chile) dan minimal masuk tiga besar," kata Manajer Timnas HWC Indonesia, Febby Arhemsyah, di Bandung.

Untuk bisa berangkat ke Cile, memang bukan perkara mudah. Butuh dana cukup besar untuk membiayai seluruh kebutuhan tim. Pendanaan dari pemerintah dan PSSI yang sulit pun menjadi masalah klasik dalam mengarungi perjalanan timnas dari tahun ke tahun.

Untuk keberangkatan timnas HWC Indonesia tahun ini, dana belum terkumpul sepenuhnya, bahkan kurangnya sangat banyak.

"Sampai saat ini dana yang terkumpul baru Rp180 juta, padahal dibutuhkan sekira Rp950 juta," beber Febby.

Dana yang sudah terkumpul itu berasal dari beberapa pihak, salah satunya Exsport yang bergerak pada produksi tas dan fashion. Ke depan, diharapkan makin berdatangan dukungan sponsor, terutama dari segi pendanaan.

Brand Marketting Exsport, Harimula Muharam, mengatakan pihaknya akan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk berusaha mensupport timnas HWC Indonesia.

"Selain menyuarakan misi dari komunitas anak muda, Exsport ingin selalu mendukung dan memberi inspirasi kepada anak muda Indonesia untuk berkreasi secara positif," tandasnya.

Ajang HWC merupakan kompetisi sepakbola internasional. Tapi berbeda dengan sepakbola pada umumnya, pada HWC pesertanya adalah kaum marjinal.

Pesertanya diberikan kesempatan sekali seumur hidup untuk tampil pada HWC mewakili Indonesia. Lewat kegiatan itu, para peserta diharapkan semakin termotivasi agar hidupnya menjadi lebih baik.

Kiprah mereka pada HWC juga diharapkan memberi motivasi pada banyak orang agar memiliki harapan dan tekad kuat untuk suatu perubahan.[okezone]