Friday, May 9, 2014

Riedl Rutin Pantau Kesehatan Anak Didiknya

Alfred Rield dan skuadnya - VIVA
Seputar Timnas - Pemain-pemain yang dipanggil memperkuat timnas senior jangan coba-coba menyembunyikan cedera yang dialaminya. Sebab, Pelatih Tim Merah Putih, Alfred Riedl, setiap hari memantau kondisi kesehatan punggawanya. 

Hal ini diungkapkan oleh Dokter Timnas Indonesia, Syarief Alwi. Menurutnya, di hotel tempat timnas menginap, kini ada satu ruangan yang diperuntukkan bagi tim dokter dalam menjalankan tugasnya. 

"Riedl minta para pemain untuk mengecek kondisi kesehatannya setiap hari. Ada satu ruangan khusus yang disediakan untuk tim dokter bekerja memantau kondisi kesehatan pemain," kata Syarief , Jumat 9 Mei 2014.

"Usai latihan pagi atau sore, ada sesi untuk mengukur kondisi terakhir fisik pemain. Di sana kami ukur massa otot mereka, kadar gula, tekanan darah, dan lainnya," kata Syarief.

Sebelumnya, striker Timnas Indonesia, Greg Nwokolo, harus pulang lebih awal dari TC timnas. Greg meninggalkan Hotel Yasmin, Kamis, 8 Mei 2014, setelah terdeteksi mengalami cedera meski sempat mengikuti seluruh sesi latihan pada pagi hari. 

Belakangan diketahui bahwa Greg memiliki masalah dengan tungkai bawah kaki kirinya. Dia pun diminta meninggalkan TC untuk menjalani terapi penyembuhan. 

"Saya sebenarnya sudah menerapkan cara ini dalam beberapa kesempatan di Timnas. Tapi, baru di era Riedl digalakkan. Sepakbola modern butuh hal-hal seperti ini. Seharusnya, semua ini dimulai dari klub baru ke Timnas," beber Syarief. 

Menurut pria asal Makassar itu, tim kesehatan Timnas juga sudah ada sport masseur. Ini sesuai dengan apa yang diminta Riedl. Hanya saja, masih kurang psikolog di tim. Riedl sadar penerapan sport science di sepakbola Indonesia tidak bisa instan. Itu sebabnya dia terlihat begitu santai dan tidak terlalu ngotot." 

Syarief menambahkan, ada keuntungan yang didapat dari diterapkannya metode ini."Kalau ada pemain yang menyembunyikan cederanya bisa segera diketahui."

Pendekatan Berbeda 
Sementara itu Pelatih Riedl juga melakukan pendekatan yang berbeda terhadap pemain-pemain baru yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan tahap ketiga. Saat ini, setidaknya ada lima wajah baru yang mengikuti latihan Tim Merah Putih sebelum berhadapan dengan ASEAN All Star, Minggu, 11 Mei 2014. 

Kelima pemain tersebut adalah Asri Akbar, Steven Imbiri, Immanuel Padwa, Rizky Ripora, dan Hariono. "Kemarin saya sempat bicara dengan Riedl. Didampingi asisten Wolfgang Pikal, Riedl bicara mengenai sistem permainan dan strategi yang diusungnya," kata Steven Imbiri. 

"Dia (Rield) membeberkan rencananya kepada para pemain baru secara personal. Kalau pemain lama, mungkin sudah paham dengan pola yang diusungnya. Selain saya, pemain baru yang lain juga diajak bicara oleh Riedl," lanjut Steven. 

"Dia membeberkan rencananya kepada para pemain baru secara personal. Kalau pemain lama, mungkin sudah paham dengan pola yang diusungnya. Selain saya, pemain baru yang lain juga diajak bicara oleh Riedl," lanjut Steven. [viva]